Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Kendal Siap Hadirkan Wisata Petik Kopi

Kompas.com - 31/07/2018, 15:21 WIB
Slamet Priyatin,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


KENDAL, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah akan membuat wisata petik kopi. Ini untuk menarik pecinta kopi Indonesia maupun luar negeri ke Kabupaten Kendal.

Menurut Bupati Kendal, Mirna Anissa wisata petik kopi sangat menarik karena sekarang banyak orang yang menyukai kopi.

Wisata petik kopi itu, nantinya pecinta kopi datang ke kebun kopi, lalu petik kopi sendiri, kemudian diproses hingga menjadi kopi bubuk yang siap dibuat wedang kopi.

“Sekarang kan ada alat pengering kopi, sehingga kopi cepat kering . Kalau sudah kering tinggal diblender lembut dan siap diseduh,” kata Mirna, Senin (30/7/2018).

Baca juga: Tarik Wisatawan, Kendal Promosikan Kopi

Mirna, menambahkan wilayah atas Kabupaten Kendal banyak kebun kopi. Daerahnya dingin dan sangat mendukung untuk dijadikan tempat wisata petik kopi.

“Kalau tempatnya banyak. Tinggal cari yang pas dan nyaman,” ujarnya.

Baca juga: Kue Rangi Khas Kendal, Rasanya Manis dan Gurih

Kopi asli Kendal, tambah Mirna, nikmatnya tidak kalah dengan kopi daerah lain. Apalagi Kendal, mempunyai kopi Liberika yang aromanya seperti buah nangka.

“Kalau tidak percaya, datang ke Kendal dan nikmati kopi Kendal,” jelasnya promosi.

Kopi tumbuk Liberika buatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu (15/4/2018).KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Kopi tumbuk Liberika buatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Minggu (15/4/2018).
Terkait dengan hal itu, anggota DPR RI dari komisi IV, Fadholi, yang datang ke Kendal dalam rangka reses, sangat mendukung upaya Bupati Mirna karena Kendal termasuk daerah penghasil kopi.

“Ada ribuan hektar kebun kopi di sini. Sekarang kami mau mengembangkan kopi kendal ini,” kata Fadholi.

Fadholi, menambahkan pihaknya akan memberi pendampingan kepada petani kopi, mulai pemilihan bibit yang baik, menanam, mengolah hingga menjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com