Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Belajar Gastronomi di Festival Kuliner Kota Bandung

Kompas.com - 05/08/2018, 12:20 WIB
Reni Susanti,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Festival kuliner tahunan di Kota Bandung yakni Keukeun kembali diselenggarakan hari ini, Minggu (5/8/2018). Tepatnya di Lapangan Yonkav 4 Turangga, Bandung, pukul 08.00-22.00 WIB.

Ketua Pelaksana Keukeun No 9, Fransisca Anindya, terdapat hal baru dalam Keukeun kali ini. Salah satunya memperkenalkan dan mengedukasi pengunjung tentang gastronomi.

"Nanti akan ada area gastronomy pavilion yang berisi representasi profil, perjalanan, dan khasanah gastronomi Indonesia," ujar Fransisca kepada Kompas.com, Sabtu (4/8/2018).

Fransisca mengatakan, pada dasarnya, gastronomi menggambarkan perjalanan makanan dari hulu sampai ke hilir. Misalnya makanan tongseng kambing.

Tongseng ini akan dikisahkan dari perjalanan hulunya berupa bahan baku mentah, yakni hewan ternak kambing. Begitupun dengan bahan makanan lain, bumbu, hingga akhirnya menjadi tongseng.

"Bagaimana kita menghargai dan memperlakukan bahan makanan tersebut akan dibahas," tuturnya.

Untuk itu, dalam Keukeun 9 akan dihadirkan kambing dan ayam sebagai contoh hewan ternak. Acara ini pun akan langsung dipandu akademisi Ayu Nurwitasari dan Fadly Rahman.

"Kenapa kita harus mengetahui gastronomi? Singkatnya karena healthy life, healthy food," ungkapnya.

Fransisca mengatakan makanan Indonesia itu sangat kaya. Mulai dari bahan hingga rempah. Lewat gastronomi ini, pengunjung akan mengetahui betapa luar biasanya makanan Indonesia.

Dalam cakupan lebih luas, gastronomi berkaitan pula dengan budaya suatu daerah dan nilai filosofis dari makanan tersebut.

Keukeun 9

Keukeun kali ini akan mengusung tema "delightful discoveries". Acara ini akan menghadirkan sederet kolaborator yang terus berinovasi dan memperkenalkan ragam budaya Indonesia melalui figur yang berpengaruh di industri kuliner.

Seperti Rahung Nasution yang akan membawa kreasinya melalui makanan khas Batak dan Maluku Utara. Kemudian Norman Ismail dengan masakan Sunda-nya.

Ada pula William Gozali yang akan berkreasi melalui soto betawi sengkel. Selain itu ada pula chef-chef muda seperti Astrolem x Ravi Raffaelo, Dimas Putra Pratama, Lucky ex Locavore, dan lainnya.

"Hadir dengan membawa kampanye #GoodCampaign, Keukeun meyakinkan pengunjung untuk menggunakan angkutan umum sebagai moda transportasi serta menggunakan peralatan makan untuk mengurangi wadah di area festival," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com