Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mapala UI Resmi Mulai Jelajahi Papua

Kompas.com - 09/08/2018, 21:10 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim  Ekspedisi Bumi Cenderawasih (EBC) Mapala UI secara resmi telah dilepas secara oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Papua Barat di Manokwari, Kamis (9/8/2018).

Pelepasan tim Ekspedisi Bumi Cendrawasih ini menandakan seluruh kegiatan yang telah direncanakan akan.

“Ekspedisi ini adalah kegiatan yang efektif bagi pengembangan pariwisata Papua Barat yang memang sedang menjadi fokus pemerintahan kami,” ujar Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Papua Barat, Robert Rumbekwan dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (9/8/2018).

(Baca juga: Tim Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mapala UI Bakal Jelajahi Papua Barat)

Ia menjelaskan, Pemda Papua Barat mendukung tim Mapala UI yang ingin menyumbangkan kepedulian dan ilmunya.

Robert berharap Ekspedisi Bumi Cendrawasih berjalan dengan lancar juga melalui kegiatan ini dapat menjadi titik awal perkembangan wisata di Papua Barat.

Adapun pelepasan tim Ekspedisi Bumi Cendrawasih ini dilakukan setelah semua tim lengkap, yakni tim besar kloter I yang telah diberangkatkan pada 24 Juli 2018, dan kloter II.

(Baca juga: Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mapala UI Fokus Gali Potensi Wisata Papua Barat)

“Kami bersyukur atas semangat dan kesehatan yang tetap terjaga oleh segenap tim. Akhirnya kami dapat segera melakukan sesuatu untuk tanah Papua yang indah, tempat yang selalu istimewa bagi Mapala UI,” ujar Ketua Pelaksana Ekspedisi Bumi Cenderawasih, Fathan Qarib.

Tim  Ekspedisi Bumi Cenderawasih (EBC) Mapala UI secara resmi telah dilepas secara oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Papua Barat di Manokwari, Kamis (9/8/2018). Pelepasan tim Ekspedisi Bumi Cendrawasih ini menandakan seluruh kegiatan yang telah direncanakan akan dimulai.Dok. MAPALA UI Tim Ekspedisi Bumi Cenderawasih (EBC) Mapala UI secara resmi telah dilepas secara oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Papua Barat di Manokwari, Kamis (9/8/2018). Pelepasan tim Ekspedisi Bumi Cendrawasih ini menandakan seluruh kegiatan yang telah direncanakan akan dimulai.

Adapun Ekspedisi Bumi Cenderawasih merupakan ekspedisi Mapala UI yang dihelat di Papua Barat sejak tanggal 24 Juli hingga 29 Agustus 2018.

Kegiatan ekspedisi ini terdiri atas bakti sosial kesehatan “Bhakti Papua” serta eksplorasi “Pesona Alam Cenderawasih”.

Dalam Bhakti Papua, tim akan memberikan bantuan medis berupa pengobatan massal dan penyuluhan mengenai pentingnya higienitas personal.

(Baca juga: Mapala UI dan Papua, Sebuah Cerita Perjalanan...)

Sementara dalam kegiatan Pesona Alam Cenderawasih, tim berfokus pada pengembangan wisata minat khusus yang kedepannya dapat menjadi pemasukan sektor pariwisata Provinsi Papua Barat.

Dalam ekspedisi ini, Mapala UI didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat, TNI, Gerakan Pramuka Papua Barat, Bentara Papua, Kementerian Kesehatan, PT. PLN (Persero), PT Eigerindo Multi Produk Industri (Eiger), Madu Bima, Telkomsel, Tim Bantuan Medis FK UI, Badan Eksekutif Mahasiswa FKM UI, BEM FIK UI dan Sendal IKJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com