Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tempat Wisata yang Disinggahi Api Obor Asian Games di Bogor

Kompas.com - 14/08/2018, 14:19 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah menjemput api dari Istana Cipanas, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kota Bogor pada hari Selasa (14/8/2018).

Api obor melewati titik estafet yang terletak di beberapa tempat wisata di Bogor. Para pelari akan menempuh jarak kurang lebih 4.600 meter dalam kirab ini.

Sesampainya di Bogor api obor abadi yang konon tidak pernah padam ini akan dibawa menuju wisata Paralayang. Pelari pembawa api obor akan berlari menuju titik terjun dan memberikan api obor kepada penerjun, dan kemudian api obor dibawa melayang menggunakan paralayang.

Setelah mendarat, api akan dioper kembali kepada pelari dan melanjutkan berkeliling ke beberapa titik di kota Bogor.

Berikut KompasTravel rangkum beberapa tempat wisata Bogor yang disinggahi kirab api obor Asian Games 2018.

Suasana pawai pesta rakyat Cap Go Meh Street Festival di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/03/2018). Acara yang dikemas dalam bentuk kirab budaya nusantara ini merupakan puncak perayaan imlek yang selalu digelar setiap tahun.MAULANA MAHARDHIKA Suasana pawai pesta rakyat Cap Go Meh Street Festival di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/03/2018). Acara yang dikemas dalam bentuk kirab budaya nusantara ini merupakan puncak perayaan imlek yang selalu digelar setiap tahun.
Lawang Suryakencana

Suryakencana merupakan salah satu nama jalan kawasan pecinan di Kota Bogor. Lawang Suryakencana merupakan nama lain dari Gerbang Suryakencana.  

Gapura berwarna merah dengan ciri khas Tionghoa menghiasi gerbang masuk Jalan Suryakencana ini. Dua patung singa, jantan dan betina, mengapit jalanan Suryakencana.

Kawasan kuliner di Jalan Suryakencana di Kota Bogor, Jawa Barat, bersiap menyambut malam pergantian tahun, Kamis (27/12/2012). Sepanjang ruas jalan ini akan padat oleh warga yang merayakan malam tahun baru, lusa. 
KOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA Kawasan kuliner di Jalan Suryakencana di Kota Bogor, Jawa Barat, bersiap menyambut malam pergantian tahun, Kamis (27/12/2012). Sepanjang ruas jalan ini akan padat oleh warga yang merayakan malam tahun baru, lusa.
Jalan Suryakencana dikenal warga Bogor sebagai tempat untuk kulineran. Terdapat berbagai kuliner dari Bogor yang legendaris, seperti Bihun Bakso Kang Amin, Soto Mie Agih, Combro Gg. Aut Bogor, Toge Goreng Mak Evon, dan masih banyak lagi.

Istana Bogor.Shutterstock Istana Bogor.
Istana Bogor

Pasti banyak wisatawan yang penasaran bagaimana megahnya tempat kerja dan istirahat Presiden Indonesia. Kirab api obor Asian Games akan singgah di Istana Bogor tepatnya di podium Istana Bogor.

Di Istana Bogor, akan diadakan seremonial penyambutan. Selanjutnya api akan diinapkan di sana.

Pada hari biasa, Istana Bogor tidak dibuka untuk umum. Namun Anda tidak perlu khawatir karena istana kepresidenan ini dikelilingi Kebun Raya Bogor yang dibuka untuk umum.

Pengunjung mengamati deretan pohon kapuk randu di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/4/2015).KOMPAS/PRIYOMBODO Pengunjung mengamati deretan pohon kapuk randu di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/4/2015).
Kebun Raya Bogor buka setiap hari dan terdapat perpustakaan, Herbarium, Rumah Kaca Anggrek, toko tanaman dan cinderamata, Museum Zoologi, dan Grand Garden Cafe.

Berbagai tempat tersebut rata-rata bisa dikunjungi mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Kecuali Grand Garden Cafe yang buka setiap harinya mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Kafe ini adalah tempat Presiden RI, Jokowi, menjamu Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com