Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Obyek Wisata Jakarta yang dilewati Kirab Api Obor Asian Games

Kompas.com - 15/08/2018, 07:42 WIB
Gaby Bunga Saputra,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah mengelilingi sejumlah tempat di Indonesia, torch relay atau kirab obor Asian Games tiba di Jakarta, Rabu (15/7/2018). Api abadi ini akan dibawa ke beberapa titik di kota Jakarta, diantaranya tempat wisata di Jakarta.

Berikut KompasTravel rangkum beberapa tempat wisata yang disinggahi torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 pada 15-18 Agustus 2018 di Jakarta.

Rumah Gadang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Rumah Gadang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.
1. Taman Mini Indonesia Indah

Pada 15 Agustus, tempat wisata pertama yang akan dikunjungi kirab obor Asian Games adalah Taman Mini Indonesi Indah (TMII). Tempat wisata yang terletak di Jakarta Timur ini sudah ada sejak diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada 20 April 1975.

TMII dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai miniatur Indonesia. Tempat rekreasi keluarga ini memiliki luas kurang lebih 150 hektar. Terdapat berbagai kegiatan, seperti hadirnya Teater Keong Emas, taman, museum, sarana rekreasi, dan berbagai wahana budaya.

Teater Keong Emas dibangun pada 1984 dengan teknologi Imax yang canggih pada masanya. Teater ini menyajikan film dengan layar yang besar untuk menayangkan film-film bernuansa pendidikan.

Wahana budaya sanggup bertahan untuk memamerkan produk-produk budaya yang terus diminati masyarakat. Wahana budaya yang menjadi unggulannya adalah terdapat anjungan daerah yang mewakili 33 provinsi di Indonesia.

Anjungan diwakili dengan rumah tradisional 33 provinsi di Indonesia sebanyak 150 koleksi rumah adat. Bukan hanya rumah adat, Anda juga bisa melihat berbagai benda etnografis milik suku-suku yang ada.

Pengunjung melihat satwa di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Sabtu (18/7/2015). Pada liburan Lebaran, pengunjung yang sebagian besar berasal dari daerah di sekitar Jakarta memadati kebun binatang ini.
 KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Pengunjung melihat satwa di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Sabtu (18/7/2015). Pada liburan Lebaran, pengunjung yang sebagian besar berasal dari daerah di sekitar Jakarta memadati kebun binatang ini.
2. Kebun Binatang Ragunan

Pada hari yang sama, kirab obor akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta Selatan. Tempat wisata yang akan disinggahi di sana adalah Kebun Binatang Ragunan.

Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia, saat ini usianya kurang lebih mencapai 150 tahun. Ragunan bukan hanya menjadi pilihan wisata mudah dan edukatif bagi warga, tapi juga menjadi pusar penelitian dan pelestarian satwa.

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) terletak di Jalan Harsono RM 1 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. TMR sering menjadi pilihan wisata masyarakat karena mudah dijangkau, relatif murah, dan menarik karena keberagaman flora dan fauna.

Berbagai hewan langka dapat Anda lihat di TMR. Namun Anda dilarang keras memberi makanan hewan, hal yang dapat membahayakan hewan ini masih sering dilakukan oleh pengunjung.

Selain berkeliling melihat berbagai macam binatang, Anda juga bisa menikmati rindangnya pepohonan yang ada disekitar kebun binatang sembari menggelar tikar sambil makan bekal. TMR mengadakan libur satwa setiap hari Senin untuk memastikan kesejahteraan satwa.

Kondisi Monunen Nasional Senin 20/11/2017. Setiap Senin kawasan monas ditutup untuk dilakukan perawatanKompas.com/Setyo Adi Kondisi Monunen Nasional Senin 20/11/2017. Setiap Senin kawasan monas ditutup untuk dilakukan perawatan
3. Monas

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com