Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Jelang Asian Games, Kemenpar Gencar Promosi Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 15/08/2018, 20:18 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut detik-detik Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang dan sebagian Jawa Barat, Kemenpar semakin gencar promosikan pariwisata Indonesia dengan berbagai cara.

Setelah pada awal Agustus Menteri Pariwisata, Arief Yahya meluncurkan bus-bus pengangkut atlet dengan branding Wonderful Indonesia, kini Kemenpar mengumpulkan berbagai media internasional yang berkantor di Indonesia untuk sosialisasi promosi pariwisata di Asian Games 2018.

Acara tersebut mengambil tema “Kebijakan Strategis Pemasaran Pariwisata di Dalam Negeri dan Pasar Asia Tenggara dan Oceania serta Dukungan Kementerian Pariwisata untuk Asian Games 2018", dilaksanakan pada Rabu, 15 Agustus 2018 bertempat di DoubleTree by Hilton Hotel Jakarta.

"Melalui Sosialisasi Kebijakan Kemenpar bagi Media Mancanegara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan pengetahuan bagi media dan kantor berita asing di Indonesia, perwakilan asing di Indonesia, penggiat sosial media," ujar Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerja Sama Pariwisata, I Gde Pitana, dalam acara tersebut, Rabu (15/8/2018).

Selain itu, Kemenpar telah menyiapkan lebih dari 70 paket wisata dengan 70 persen terkonsentrasi di tiga lokasi venue yakni Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat serta Banten untuk menyambut wisatawan olahraga seperti atlet, official, supporter yang diperkirakan berjumlah sekitar 24.000 orang dari negara-negara peserta.

Deatinasi-destinasi wisata lain selain dari venue pertandingan juga turut dipromosikan melalui online, seperti Youtube, Facebook, Tripadvisor.

Ada pula agenda offline seperti mengadakan sales mission, mengikuti pameran pariwisata internasional, serta mengadakan famtrip bagi negara-negara pasar utama tersebut.

Pitana mengatakan sebelum dijual, destinasi tersebut pun harus turut dipersiapkan untuk melayani para wisatawan dari Asian Games.

Kemenpar bekerjasama dengan berbagai industri termasuk Dinas Pariwisata Daerah dan Asita untuk meningkatkan kualitas pada 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas).

“lni momentum besar untuk mendulang devisa yang berpotensi sebesar Rp 3,1 triliun. Dengan adanya event olahraga ini masyarakat bisa semakin makmur dan pembangunan semakin bagus,” kata l Gde Pitana.

Asian Games 2018 akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Tema yang diangkat pada Asian Games 2018 adalah “Energy of Asia." Seluruh negara anggota Olympic Council of Asia (OCA) yang berjumlah 45 negara akan berpartisipasi pada perhelatan akbar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com