Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT ke-73 RI, Lomba Balap Karung Jadi Google Doodle

Kompas.com - 17/08/2018, 14:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tepat di Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, terpampang gambar perlombaan balap karung yang menjadi Google Doodle.

Gambar tersebut memuat tiga anak yang sedang mengikuti lomba balap karung. Tepat di bagian bawah tulisan Google, terdapat gambar bendera Indonesia.

Balap karung menjadi salah perlombaan yang biasa diadakan oleh masyarakat Indonesia saat perayaan HUT RI. Perlombaan seperti ini punya makna tersendiri.

Sejarawan JJ Rizal beberapa waktu lalu mengatakan perlombaan tersebut memiliki makna yang mendalam, termasuk balap karung.

Balap karung sendiri mengingatkan pada perihnya penjajahan, terutama saat zaman Jepang.

Pada masa itu, penduduk Indonesia begitu miskin sampai-sampai tak mampu membeli kebutuhan sandang. Karung goni pun dipakai sebagai gantinya.

Tak hanya balap karung, lomba lainnya seperti panjat pinang dan lomba makan kerupuk pun memiliki makna tersendiri.

Ini bukanlah kali pertama Google ikut merayakan HUT RI. Lomba balap karung juga pernah menjadi Google Doodle pada HUT RI ke-67 di tahun 2012.

Di halaman utamanya, Google memasang gambar sekelompok anak yang sedang lomba balap karung. Ada pula anak yang berusaha mengambil koin dari semangka menggunakan mulutnya.

Sementara pada tahun 2011, Google juga turut merayakan HUT RI ke-66 dengan memasang doodle bertema panjat pinang. Tampak seorang anak sedang memanjat pohon pinang untuk meraih hadiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com