Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kudapan Betawi Favorit Si Doel The Movie

Kompas.com - 18/08/2018, 11:15 WIB
Gaby Bunga Saputra,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serial televisi "Si Doel Anak Sekolahan" mengajak para penontonnya untuk kembali bernostalgia dengan hadirnya "Si Doel The Movie". Film ini sudah tayang sejak 2 Agustus 2018.

Film ini dikenal dengan nuansa kehidupan keturunan Betawi di Jakarta. Para pemain film "Si Doel The Movie" berbagi beberapa makanan betawi favorit mereka saat ditemui di acara Meet and Greet Cast Si Doel The Movie di SATOO Restaurant, Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Baca juga: Dodol, Si Lengket yang Merekatkan Orang Betawi

Tidak ketinggalan para pemain pasti memiliki beberapa makanan betawi favorit mereka. Berikut lima makanan betawi favorit cast Bang Doel, Zaenab, dan Atun.

Kerak Telur jajanan khas Betawi di Restoran Satoo, Hotel Shangri-La, Jakarta.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Kerak Telur jajanan khas Betawi di Restoran Satoo, Hotel Shangri-La, Jakarta.
1. Kerak Telor

Kerak telor yang merupakan kuliner khas Betawi, bisa Anda jumpai di banyak sudut Kota Jakarta, salah satunya di SATOO Restaurant saat Meet and Greet Cast Si Doel The Movie.

Baca juga: 7 Kuliner Betawi yang Sudah Langka di Tanah Kelahirannya...

Kudapan ini berbahan dasar telur ayam ataupun bebek yang dicampur beras ketan. Ditambah taburan serundeng yang gurih yang terbuat dari kelapa di atasnya.

Bagi pemain tokoh Zaenab, yang diperankan oleh Maudy Kusnaedi, kerak telur merupakan salah satu makanan betawi yang selalu ngangenin.

Soto Betawi dengan potongan daging sapi, kentang, disiram soto santan gurih di Restoran Satoo, Hotel Shangri-La, Jakarta.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Soto Betawi dengan potongan daging sapi, kentang, disiram soto santan gurih di Restoran Satoo, Hotel Shangri-La, Jakarta.
2. Soto Betawi

Cita rasa khas soto Betawi dengan bumbu alami dan empuknya daging sapi menjadi salah satu makanan favorit tokoh Zaenah. Satu porsi soto betawi berisi potongan daging sapi, kikil, potongan tomat, hingga kerupuk emping yang dicampur dalam satu mangkuk.

Baca juga: Soto Betawi Bang Lili Ini Membuat Lidah Bergoyang

KompasTravel juga sempat mencicipi soto betawi di SATOO Restaurant Hotel Shangri-La. Potongan daging sapi, kikil, potongan tomat dan kentang disiram dengan soto santan yang terasa begitu gurih.

“Yang paling diincer tadi soto betawi. Aku tuh suka makanan yang hangat, soto kan berkuah hangat gitu ditambah bumbunya yang lekat dan dagingnya juga lembut,” ujar Maudy Kusnaedi saat ditemui di Meet and Greet Cast Si Doel The Movie.

Laksa Betawi.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Laksa Betawi.
3. Laksa Betawi

Bukan hanya Singapura yang punya laksa, betawi juga punya Laksa Betawi. Makanan utama ini menjadi salah satu makanan betawi favorit pemain tokoh Zaenab, yang diperankan oleh Maudy Kusnaedi dan Doel yang diperankan oleh Rano Karno.

Baca juga: Siraman Kuah Panas Laksa Bogor yang Menggugah Selera...

“Salah satu rekomendasi makanan berat, ya laksa berawi. Enak bisa buat makanan berat maupun makanan fun juga bisa,” ujar Rano Karno.

Kudapan ini juga disajikan di Satoo Restoran saat itu. Laksa betawi disajikan dengan bihun, oncom, toge, kemangi, telur, dan potongan tomat yang disiram kuah kuning kemerahan dengan campuran ebi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com