Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Menjengkelkan saat Berwisata

Kompas.com - 19/08/2018, 11:16 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berlibur, tak menutup kemungkinan ada hal-hal atau kebiasaan dari orang lain yang tak mereka suka.

Situs perjalanan Agoda mengeluarkan hasil survei global tentang ‘Kebiasaan Menjengkelkan Ketika Berwisata’.

Terdapat lima hal yang dianggap menjengkelkan saat liburan yakni para pecinta selfie, wisatawan yang berisik, wisatawan yang tak peka perbedaan budaya, rombongan tur, hingga wisatawan yang terus memainkan ponsel.

Wisatawan berisik

Hasil survei tersebut menunjukkan kebiasaan wisatawan lain yang menjengkelkan adalah wisatawan yang berisik sebanyak 57 persen.

Rombongan tur

Kebiasaan yang juga dianggap mengganggu saat berwisata adalah rombongan tur wisatawan. Berdasarkan riset Agoda, sekitar 36 persen responden yang terganggu dengan hal ini.

Terganggu para pecinta selfie

Dari data tersebut pula menunjukkan, wisatawan China masih bisa menerima keadaan para pecinta selfie dibandingkan wisatawan Australia. Hanya 12 persen responden dari China yang terganggu oleh pecinta selfie.

Sementara sebanyak 31 persen responden Australia menyatakan tak dapat menerima keberadaan para pecinta selfie dan mengganggap para pecinta selfie menyebalkan.

Tidak peka pada budaya lokal

Dari hasil survei memaparkan sebanyak 46 persen responden mengeluh karena wisatawan tidak memiliki kepekaan terhadap perbedaan budaya lokal.

Sebesar 21 persen wisatawan China dan 27 persen wisatawan Thailand menganggap hal ini menyebalkan.

Bahkan wisatawan Singapura, Filipina, dan Malaysia memiliki presentase dua kali lebih besar sekitar 60 hingga 63 persen, yang menganggap hal ini begitu menyebalkan.

Sementara, wisatawan Inggris sekitar 54 persen dan dua-perlima dari wisatawan Amerika sekitar 41 persen, tidak dapat menerima kebiasaan buruk tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com