Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI, Siswa SMAN 1 Kota Komba Pentaskan Dapa Khas Manggarai Timur

Kompas.com - 20/08/2018, 06:32 WIB
Markus Makur,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT mementaskan atraksi 'Dapa' khas masyarakat Kota Komba.

'Dapa' adalah atraksi budaya seperti caci dalam budaya umum di kawasan Manggarai Raya. Khusus untuk masyarakat Kota Komba, caci menyebutnya 'Dapa'.

'Dapa' merupakan atraksi asli orang Kota Komba di mana seni menari sambil saling memukul satu lawan dengan memukul pakai cemeti dari lidi muda dari pohon enau atau kelapa.

Saat HUT RI, siswa dan siswi menampilkan seni menari 'Dapa' di halaman lapangan upacara Waelengga, Jumat (17/8/2018).

Baca juga: Memaknai Kemerdekaan RI di Flores dengan Tarian Doku, Dero, dan Vera

Camat Kota Komba, Herman Jebarus mengapresiasi inisiatif dan kreatif dari siswa dan siswi SMAN 1 bersama guru-gurunya.

"Terima kasih kepada siswa dan siswi SMAN 1 Kota Komba yang memeriahkan HUT kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-73 tahun," ucapnya.

Turis Italia dan Jerman

Perayaan HUT ke-73 RI dihadiri turis dari Italia dan Jerman yang didampingi Pater Tus Mansuetus, SVD yang sedang berlibur di Manggarai Timur.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Komba, David Jaik menjelaskan siswa dan siswi SMAN 1 Kota Komba memiliki kekhasan yang dilestarikan dan dikembangan sesuai dengan bakat dan talenta mereka. Salah satunya adalah atraksi 'Dapa' antar-kelas.

"Kami terus mendampingi siswa dan siswi sesuai dengan bakat dan talenta dari siswa dan siswi yang sekolah di lembaga ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com