Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agusen, Destinasi Wisata Populer di Gayo Lues

Kompas.com - 20/08/2018, 07:23 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

GAYO LUES, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, mengembangkan destinasi wisata alam di Desa Agusen, Kecamatan Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues.

Di lokasi ini pula, mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menetapkan desa itu berubah dari sentra penghasil ganja menjadi sentra penghasil kopi dan destinasi wisata.

Salah seorang tokoh pemuda Gayo Lues, Amiruddin, Minggu (19/8/2018) menyebutkan, destinasi itu menjadi sangat populer dan instagenic bagi wisatawan.

Baca juga: Serunya Mandi di Air Terjun Rayap Aceh Utara

Letaknya dari Kota Blang Kejeren menuju arah ke Kuta Cane, Kabupaten Aceh Tenggara. Terpaut sekitar 8,6 kilometer saja.

Penduduk lokal menyiapkan papan kayu bertuliskan "Agusen" sebagai tempat wisatawan berswafoto. Begitu pun papan kayu lainnya sehingga terlihat pemandangan hutan dengan Sungai Agusen yang mengalir jernih di bawahnya.

“Sekarang ramai sekali warga berkunjung kemari. Umumnya wisatawan lokal, sebagian turis juga,” kata Amiruddin.

Sungai Agusen dari ketinggian di lokasi obyek wisata Agusen di Desa Agusen, Kecamatan Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Minggu (19/8/2018).KOMPAS.com/MASRIADI SAMBO Sungai Agusen dari ketinggian di lokasi obyek wisata Agusen di Desa Agusen, Kecamatan Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Minggu (19/8/2018).
Destinasi itu memang belum akrab di telinga pelancong dunia. Namun, letaknya di kaki Gunung Leuser, tentu menjanjikan kesejukan dan fanorama alam nan indah.

Untuk masuk ke lokasi Agusen tak perlu mengeluarkan biaya. Sarana mushala juga tersedia milik desa itu. Begitu juga soal sarana mandi, dipastikan air sungai jernih dan segar.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, bisa pula memasang tenda. Desa ini sangat terbuka menerima kunjungan wisatawan. “Semoga semakin banyak wisatawan berkunjung ke Agusen,” pungkas Amiruddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com