Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipenuhi "Raksasa", Warga Sumari Gresik Sambut Kembalinya Sedekah Bumi

Kompas.com - 20/08/2018, 09:12 WIB
Hamzah Arfah,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Acara sedekah bumi kembali digelar warga Desa Sumari, Kecamatan Duduksampean, Gresik, Jawa Timur, sekaligus untuk memperingati HUT ke-73 RI, Minggu (19/8/2018).

Setelah sempat tidak ada pada tahun lalu, warga pun antusias dalam menyambut kembalinya para ‘raksasa’.

Sudah tentu bukan para raksasa dalam arti sebenarnya, melainkan kreativitas warga setiap Rukun Tetangga (RT) yang ada di Desa Sumari, dalam memamerkan hasil karya mereka berupa katak, badak, dinosaurus, burung merak, kuda, hingga hulk, dalam ukuran jumbo atau raksasa.

Baca juga: Yang Baru di Gresik, Wisata Keliling Bengawan Solo Naik Perahu...

“Tahun kemarin memang sempat ditiadakan, karena saat itu agenda berbarengan dengan bulan puasa, sekaligus padatnya acara yang ada di desa. Tapi karena warga banyak yang terus bertanya, Alhamdulillah pada tahun ini bisa kembali diselenggarakan dan disambut cukup antusias oleh warga,” ujar Kepala Desa Sumari Muhammad Arif Wijaya.

Replika kuda dengan ditumpangi orang yang ditampilkan dalam karnaval sedekah bumi di Desa Sumari, Gresik, Jatim, Minggu (19/8/2018).KOMPAS.com/HAMZAH Replika kuda dengan ditumpangi orang yang ditampilkan dalam karnaval sedekah bumi di Desa Sumari, Gresik, Jatim, Minggu (19/8/2018).
Arif mengatakan, agenda ini merupakan acara rutin yang selalu diadakan di Desa Sumari, terlepas dari tahun kemarin yang ditiadakan.

Selain adu kreativitas yang dipamerkan, setiap ikon RT yang ditampilkan harus didukung oleh warganya saat berkeliling kampung, yang itu masuk dalam kriteria penilaian bagi pemenang.

Baca juga: Pemkab Gresik Tata Obyek Wisata Baru Sendang Banyu Biru

RT 01 mencoba menampilkan hasil kreativitas berupa katak raksasa yang dipadu dengan rumput asli dan juga kacang panjang, dengan didukung oleh warganya yang kompak mengenakan pakaian olahraga berwarna hijau.

Sedangkan RT 02 mengandalkan ikon berupa buaya raksasa, dengan warganya memilih mengenakan baju adat khas jawa.

Replika sapi kurban yang berasal dari karung goni, yang ditampilkan dalam karnaval sedekah bumi di Desa Sumari, Gresik, Jatim, Minggu (19/8/2018).KOMPAS.com/HAMZAH Replika sapi kurban yang berasal dari karung goni, yang ditampilkan dalam karnaval sedekah bumi di Desa Sumari, Gresik, Jatim, Minggu (19/8/2018).
“Sebenarnya untuk Desa Sumari itu ada tiga pedukuhan, Sumari sendiri, Jetek, dan Brakung. Tapi untuk agenda kali ini, khusus untuk warga di Sumari saja karena tempat pelaksanaan juga hanya bertempat di Sumari.

Ada enam RT di sini, tapi khusus RT 04 dan RT 06 itu terbagi atas RT 04 A dan B, begitu juga dengan RT 06,” kata Arif.

Adapun warga RT 03 memilih menggunakan ikon badak raksasa, dengan para warganya yang mengikuti berkeliling kampung.

RT 04 A memilih membuat walang (belalang) berukuran besar dan didukung oleh ibu-ibu yang kompak berdandan ala penyihir. Sementara RT 04 B memilih nuansa alam dengan mengandalkan ikon berupa burung murai, singa, serta alam pedesaan dalam bentuk replika sawah.

Tumpeng yang hendak dinikmati bersama oleh warga dalam sedekah bumi di Desa Sumari, Gresik, Jatim, Minggu (19/8/2018).KOMPAS.com/HAMZAH Tumpeng yang hendak dinikmati bersama oleh warga dalam sedekah bumi di Desa Sumari, Gresik, Jatim, Minggu (19/8/2018).
Sedangkan RT 05, mengandalkan kreativitas warga membuat ikon hulk dengan ukuran besar. Pada saat berkeliling kampung, para warga RT 05 baik pria maupun wanita berdandan mewakili berbagai profesi pekerjaan maupun pejuang.

RT 06 A yang mendapuk ikon dinosaurus, dengan dipadu warganya yang kompak berdandan ala warga Papua. Dengan RT 06 B yang tak ingin ketinggalan, memilih ikon kuda dan tampilan seperti ulama wali songo.

“Untuk persiapan sendiri, semua sudah kita persiapkan sejak jauh hari. Bahkan sejak satu bulan yang lalu, sebab untuk pengerjaan yang paling lama itu ya membuat hulk ini (ikon raksasa) yang ditampilkan,” ucap Koiri, Ketua RT 05.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com