Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Sumba dan Kisaran Harga Transportasi

Kompas.com - 21/08/2018, 09:16 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur saat ini menjadi destinasi yang naik daun di kalangan generasi milenial.

Lanskap yang unik dengan banyaknya bukit sabana, serta budaya yang masih terjaga membuat Sumba memang menarik untuk dikunjungi.

Kabar gembiranya, semakin terkenal Sumba dan kunjungan wisatawan yang meningkat, banyak maskapai di Indonesia yang membuka rute penerbangan ke Sumba. Selain itu ada juga jalur laut yang dapat ditempuh dari pulau besar seperti Bali.

Berikut ini adalah tips untuk menuju Sumba, dengan kisaran harga transportasi tersebut:

1. Pesawat

Dari Jakarta menumpang pesawat ke Sumba tidak ada rute langsung, melainkan harus transit. Pilihan transit ada dua, bisa di Denpasar, Bali atau di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Air Terjung Wai Marang Sumba, Bagai Kolam Pemandian Bidadari

Penerbangan ke Denpasar, Bali dari Jakarta ditempuh selama 1 jam 50 menit, sedangkan dari Jakarta ke Kupang ditempuh selama 3 jam.

Maskapai penerbangan seperti Sriwijaya Air dan Nam Air, Lion Air dan Wings Air, serta Garuda Indonesia memiliki penerbangan lanjutan dari Jakarta-Bali-Sumba, atau Jakarta-Kupang-Sumba.

Penerbangan dari Denpasar ke Sumba dan Kupang ke Sumba ditempuh dengan waktu sekitar 60 menit (tergantung jenis pesawat).

Baca juga: Laguna Weekuri, Kolam Renang dari Alam di Sumba...

Saran KompasTravel, pilihlah penerbangan lanjutan dalam satu grup agar waktu penerbangan lebih terencana. Pilihan menggunakan maskapai lain juga dapat dilakukan, mengingat ada banyak promo maskapai menuju Denpasar, Bali.

Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya.Kompas.com/Silvita Agmasari Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya.
Perhatikan Pilihan Bandara

Sumba memiliki dua bandara, Bandara Waikabubak, di Tambolaka, Sumba Barat Daya dan Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur.

Kebanyakan wisatawan memilih bandara berbeda untuk datang dan pulang. Sebab pilihan bandara juga menentukan rute wisata di Sumba yang terbagi menjadi empat kabupaten. Jarak dari Bandara Tambolaka ke Bandara Waingapu adalah 180 kilometer, dapat ditempuh selama empat jam.

Kisaran Harga

Rata rata tarif tiket penerbangan normal dari Jakarta ke Sumba dengan maskapai berbiaya rendah adalah Rp 1,5 juta - Rp 1,8 juta.

Sedangkan tarif tiket penerbangan dari Jakarta ke Sumba dengan maskapai layanan penuh dimulai dari Rp 2 juta.

Kapal Laut

Alternatif lain menuju Sumba adalah dengan kapal laut. PT Pelni misalnya melayani rute ke Pelabuhan Waingapu, Sumba Timur dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dengan kisaran harga tiket Rp 400.000-an.

Ada juga Kapal Wilis dari Labuan Bajo ke Sumba dengan kisaran harga tiket Rp 120.000-an. Namun jadwal kapal Pelni tidak setiap hari ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com