Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Pariwisata, Perayaan Hari Kelapa Dunia Dipusatkan di Lingga

Kompas.com - 24/08/2018, 22:31 WIB
Hadi Maulana,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

LINGGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) dipercaya menjadi tuan rumah Festival Kelapa Indonesia dan perayaan Hari Kelapa Dunia.

Perayaan hari kelapa dunia ke-49 yang akan dihadiri 18 negara anggota Asian and Pasific Coconut Community (APCC) itu diagendakan akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

Bupati Lingga Alias Wello mengatakan Festival Kelapa Indonesia dan perayaan Hari Kelapa Dunia tahun ini disepakati di lakukan di Pulau Singkep, Kabupaten Lingga.

Inilah kesempatan Kabupaten Lingga dalam meningkatkan dan mempromosikan pariwisata.

"Tidak sedikit negara asing nantinya yang akan hadir, makanya kami optimis promosi pariwisata di Lingga akan jalan sesuai rencana pada momen perayaan Hari Kelapa Dunia ini," kata Alias Wello, Jumat (24/8/2018).

Awe, begitu panggilan akrab Alias Wello, mengatakan persiapan acara sudah dimulai. Termasuk menyusun agenda kegiatan dan undangan pembukaan acara secara resmi oleh Presiden Jokowi.

Pesona pemandangan Kabuaten Lingga, Kepulauan Riau. Lingga memiliki 604 pulau besar dan kecil, sebanyak 98 pulau sudah berpenghuni dan selebihnya masih kosong. Jarak tempuh ke Singapura dan Malaysia dengan menggunakan kapal laut hanya butuh waktu 3,5 sampai dengan 4 jam.DOK YULI SEPERI Pesona pemandangan Kabuaten Lingga, Kepulauan Riau. Lingga memiliki 604 pulau besar dan kecil, sebanyak 98 pulau sudah berpenghuni dan selebihnya masih kosong. Jarak tempuh ke Singapura dan Malaysia dengan menggunakan kapal laut hanya butuh waktu 3,5 sampai dengan 4 jam.
Menurut dia, kegiatan yang bertujuan mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia itu akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara. Seperti pentas seni budaya, pameran, seminar, temu bisnis, field trip, serta suguhan berbagai jenis kuliner berbahan dasar kelapa.

"Sesuai agenda, perayaan Hari Kelapa Dunia ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 12 September hingga 14 September 2018 mendatang," jelasnya.

Untuk menyemarakkan acara ini, tidak saja 18 negara anggota APCC yang akan hadir, Pemkab Lingga juga mengundang 248 Bupati anggota Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) dan ratusan pengusaha kelapa nasional dan internasional.

"Kami juga menargetkan pemecahan dua rekor Muri sekaligus, yakni pembuatan lukisan wajah Presiden Jokowi hasil kreasi sabut kelapa dan pembuatan sofa kreasi sabut kelapa," terang Awe.

Dalam kesempatan pembukaan perayaan Hari Kelapa Dunia itu, sambung Awe, Presiden Jokowi juga dijadwalkan meresmikan kawasan investasi tambak udang seluas 1.000 hektar dan kawasan pengembangan industri gula bit di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan dan Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat dengan nilai investasi sebesar Rp 1,2 triliun.

"Agendanya sudah kita susun dan sudah disampaikan ke Protokol Presiden. Mudah-mudahan, semuanya berjalan sesuai rencana. Investasi tambak udang dan industri gula bit ini, merupakan kolaborasi BUMD Lingga, PT. Pembangunan Selingsing Mandiri dengan investor lokal, Tiongkok dan Singapura," ujarnya.

Baca juga: Kemenpar Janji Kucurkan Rp 46 Miliar untuk Kepulauan Riau pada 2019

Awe yang juga merupakan deklarator KOPEK tidak mempersoalkan kondisi geografis Kabupaten Lingga yang terdiri dari ratusan pulau akan menjadi hambatan dalam menarik minat investor menanamkan modalnya.

Dirinya malah meyakini posisi geografis Lingga tersebut justru menjadi keunggulan komparatif yang menjadi daya tarik tersendiri bagi investor.

"Kami punya 604 pulau besar dan kecil. Sebanyak 98 pulau sudah berpenghuni dan selebihnya masih kosong. Jarak tempuh ke Singapura dan Malaysia dengan menggunakan kapal laut hanya butuh waktu 3,5 sampai dengan 4 jam. Nah, ini yang menjadi keunggulan Lingga dan sulit ditemui di tempat lain," jelasnya.

"Kami pelaku usaha pariwisata, baik Nasioal maupun internasional akan tertarik dengan keindahan Kabupaten Lingga secara keseluruhannya," katanya menambahkan.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com