Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32 Barista Sumsel Adu Tangkas Melukis di Atas Kopi

Kompas.com - 25/08/2018, 14:50 WIB
Aji YK Putra,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 32 barista mengikuti kompetisi Latte Art Battle di Lobby Atrium Gramedia World Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/8/2018).

Pada babak pertama, para peserta harus menggambar di atas secangkir kopi. Setelah ditentukan juri hingga semi final sebanyak empat peserta terpilih mengikuti babak selanjutnya.

Di babak final, Erick Ekstrada, barista asal Palembang berhasil menjadi juara pertama setelah berhasil melukis di atas secangkir kopi dari tiga gambar yang telah ditentukan oleh panitia, yakni flower, flying wings, dan flying love.

Sementara juara kedua didapatkan oleh Zainudin dan juara ketiga Prasetyo.

Kopi yang berhasil dilukis oleh para Barista di Sumsel ketika mengikuti kompetisi Latte Art Battle di Lobby Atrium Gramedia World Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, (24/8/2018).KOMPAS.com/ Aji YK Putra Kopi yang berhasil dilukis oleh para Barista di Sumsel ketika mengikuti kompetisi Latte Art Battle di Lobby Atrium Gramedia World Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, (24/8/2018).
Marketing and Development Manager Cozyfield Café & Resto, Indah Rosaria mengatakan adu ketangkasan para barista kopi tersebut merupakan sebagai bentuk tantangan "pembuat kopi” untuk menunjukkan keahlian masing-masing d idepan para juri.

Selama ini, mereka hanya menggambar di atas kopi untuk para konsumen di kedai tempatnya bekerja.

“Seni menghias di atas secangkir espresso dengan menggunakan bahan dasar susu yang dipanaskan sebagai tantangan barista-barista di Sumsel. Ini juga wadah kreativitas bagi siapa pun yang memiliki ketertarikan akan dunia kopi,” kata Indah kepada Kompas.com.

Indah melanjutkan, acara ini juga sebagai bentuk untuk mengenalkan kopi khas Indonesia dari seluruh nusantara. Dimana kopi yang digunakan menggunakan jenis Arabika dari Ijen Toraja.

“Banyak jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia, melalui event seperti ini kita bisa mengenalkan seluruh kopi yang ada di nusantara termasuk di Sumsel,” ujarnya.

Untuk diketahui, CoFi by Cozyfield sendiri adalah brand terbaru dari Gramedia yang bergerak di bidang food & beverages, menyusul Cozyfield Cafe & Resto. CoFi Palembang adalah salah satu dari empat store CoFi, dimana untuk store lainnya adalah CoFi Matraman, CoFi Palmerah dan CoFi Karawang.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com