Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Gelar Promosi Wisata Terbesar di Inggris

Kompas.com - 30/08/2018, 11:36 WIB
I Made Asdhiana

Editor

LONDON, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata RI akan menggelar Indonesia Weekend, ajang promosi terpadu Indonesia terbesar di Inggris yang akan berlangsung di Potters Fields Park, 8-9 September 2018.

Deputi Bidang Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya kepada Antara London, Rabu (29/8/2018), mengatakan Indonesia Weekend ini menampilkan Pantai Bali yang menghiasi tepian Sungai Thames dengan latar ikonik Tower Bridge London yang diharapkan akan memberikan kehangatan dalam mempromosikan alam dan budaya Indonesia.

"Wonderful Indonesia ingin meningkatkan promosi wisata Indonesia tidak hanya bagi orang Inggris namun juga wisatawan dari negara lain yang sedang mengunjungi London," ujarnya.

Baca juga: Seru, Pakai Kostum Asli Harry Potter di Warner Bros Studio Tour London

Berdasarkan data terakhir dari VisitsBritain, kunjungan turis ke Inggris diperkirakan melebihi 40 juta untuk pertama kalinya dalam 2018.

Dalam tiga tahun ini, Indonesia Weekend mengangkat kebanggaan Indonesia melalui penampilan penari, kostum karnaval, pesilat dan para musisi untuk acara di pinggir Sungai Thames, area yang dilalui ribuan orang setiap harinya.

Cruise tour menyusuri Sungai Thames dari Westminster Pier menuju Greenwich.KOMPAS.com/Caroline Damanik Cruise tour menyusuri Sungai Thames dari Westminster Pier menuju Greenwich.
Tahun ini, Indonesia Weekend membentuk Pantai Bali dengan 50 ton pasir putih, lengkap dengan bar, dengan tawaran minuman tropis dan eksotis. Panggung juga menampilkan penari, pesilat termasuk Panglipur dari Garut dan Tapak Suci, serta para musisi yang mengangkat alat musik tradisional termasuk rebab, saluang dan banji.

Baca juga: Kapan Maskapai Indonesia Buka Penerbangan Denpasar-London?

Lima menu kuliner yang diangkat Kementerian Pariwisata sebagai ikon Indonesia adalah rendang, nasi goreng, sate ayam, soto ayam dan gado-gado.

Makanan khas ini akan ditampilkan Chef Degan Septoadji dalam demo memasak. Para pengunjung dapat merasakan menu-menu istimewa Indonesia ini di samping warung-warung makanan Indonesia lain yang juga menjajakan makanan khas Nusantara.

Selama perhelatan ini agen-agen perjalanan di London menawarkan paket-paket khusus wisata Wonderful Indonesia. Misalnya maskapai penerbangan Philippines Airlines yang juga akan menawarkan tiket gratis ke Bali sebagai bagian dari kompetisi foto melalui media sosial yang diselenggarakannya.

Wisatawan asing menikmati keindahan kawasan wisata geopark Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Rabu (4/10/2017). Banyak wisatawan yang mengurungkan niat berkunjung ke Gunung Agung dan mengalihkan tujuan wisata ke kawasan Gunung Batur.
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Wisatawan asing menikmati keindahan kawasan wisata geopark Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Rabu (4/10/2017). Banyak wisatawan yang mengurungkan niat berkunjung ke Gunung Agung dan mengalihkan tujuan wisata ke kawasan Gunung Batur.
Hotel-hotel di Bali juga menawarkan pengunjung untuk menginap dan menikmati keindahan dan kehangatan pantai-pantai di pulau dewata.

Indonesia Weekend diadakan Komunitas Bangga Indonesia pimpinan Dito Nurdanto Widjono didukung Kementerian Pariwisata serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Indonesia di London serta Provinsi Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com