Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Makan Para Atlet Asian Games di Wisma Atlet Kemayoran?

Kompas.com - 31/08/2018, 09:10 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dari pesta olaharaga terbesar se-Asia, Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan para atlet selama bertanding seperti akomodasi, transportasi, dan tak kalah penting konsumsi.

Tidak hanya lezat, penyediaan konsumsi bagi para atlet dari seluruh Asia ini juga perlu diperhatikan dari berbagai faktor. Mulai dari selera makan sampai kelengkapan nutrisi. Alhasil makanan bagi para atlet Asian Games bisa digolongkan sebagai makanan bintang lima.

"Biaya per sekali makan adalah sarapan Rp 210.000. Untuk makan siang dan makan malam Rp 240.000," kataVice Director Catering Department Inasgoc, Yooky Tjahrial dihubungi KompasTravel, Rabu (29/8/2018).

Biaya tersebut dihitung per sekali makan, untuk satu orang di Wisma Atlet Kemayoran. Yooky menyebutkan jumlah atlet serta delegasi yang disediakan makan bervariasi. Hal itu mengingat para atlet harus mengalami penyisihan untuk jadi jawara di pertandingan final.

Suasana makan malam atlet dan ofisial Asian Games 2018 di Wisma Atlet, Kemayoran, Rabu (29/8/2018).
DOK. INASGOC Suasana makan malam atlet dan ofisial Asian Games 2018 di Wisma Atlet, Kemayoran, Rabu (29/8/2018).

"Terbanyak atlet dan official yang tinggal di Athelete Village (Wisma Atlet) ada 10.000 orang," jelas Yooky.

KompasTravel mencoba menghitung pos bujet makanan para atlet dan delegasi untuk satu hari. Dengan menjumlahkan biaya makan pagi, siang, dan malam dikali 10.000 orang.

Jumlah biaya yang dikeluarkan pemerintah adalah sekitar 6,9 miliyar per hari untuk biaya satu hari makan para atlet dan delegasi di Asian Games.

Dining Hall di Wisma Atlet, Kemayoran mencoba memenuhi konsumsi atlet dengan buka selama 20 jam sehari mulai dari pukul 05.00-01.00 WIB.

***

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com