Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Ketenangan Goa Maria Tritis di Gunungkidul

Kompas.com - 04/09/2018, 10:20 WIB
Markus Yuwono,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai lokasi wisata di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta akan mudah kita temui. Selain wisata pantai, wisata goa menjadi salah satu favorit wisatawan.

Tak hanya goa minat khusus, namun juga wisata goa religi umat Katolik yang masih bisa dikunjungi oleh umat beragama lainnya.

Itulah Goa 'Maria Perantara Wahyu' Tritis atau biasa dikenal Goa Maria Tritis yang terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan.

Wisatawan mudah menemukan goa yang terletak di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Gunungkidul, arah menuju ke sejumlah pantai selatan seperti Baron, Krakal hingga Pulang Sawal atau Indrayanti.

Baca juga: Upacara Cing-cing Goling, Tradisi Menjaga Sumber Air di Gunungkidul

Untuk masuk ke dalam goa, pengunjung yang melewati jalur biasa bisa berjalan kurang lebih 20 menit atau sekitar 500 meter untuk sampai di mulut goa. Selain itu, bagi peziarah yang ingin melakukan jalan salip harus berjalan memutari bukit karst dengan 14 pemberhentian.

Selama perjalanan akan terjadi diorama kisah sengsara Yesus, tepat pada spasi ke-12 terdapat tiga buah salib di bawah bukit yang melukiskan penyaliban Yesus bersama 2 orang lainnya. Dari pengamatan Kompas.com, Minggu (2/9/2018) saat ini sedang dilakukan renovasi jalan masuk agak sedikit diperlebar.

Baca juga: Gunungkidul Perkenalkan Destinasi Wisata Baru dengan Trail

Saat berjalan menuju goa akan menikmati keindahan alam khas Gunungsewu yang terdiri dari perbukitan, dan kebun jati yang meranggas saat musim kemarau. Selain itu, sambutan ramah para petani yang sedang mengolah tanah berbatu akan dijumpai jika pagi atau sore hari.

Goa Maria Perantara Wahyu Tritis, atau biasa dikenal Goa Maria Tritis yang terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Minggu (2/9/2018).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Goa Maria Perantara Wahyu Tritis, atau biasa dikenal Goa Maria Tritis yang terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Minggu (2/9/2018).
Sampai di mulut goa, akan tampak meja altar yang menghadap ke arah mulut goa. Patung Bunda Maria berada di sisi kanan agak kedalam.

Di samping kanannya sebuah kolam air yang biasa digunakan untuk mengambil air para peziarah. Suasana tenang karena memang goa itu jauh dari pemukiman warga.

Baca juga: Gunungkidul Belum Tenar di Kalangan Wisman

Menurut salah seorang Panitia Novena tahun 2018, Aleksander Puji Lestanto, Goa Maria Tritis merupakan lokasi berziarah umat Katolik yang berada di bawah Paroki Wonosari. Menurut sejarahnya, yang bisa dibaca saat kita mengunjungi gua Tritis.

Awalnya, Paroki Wonosari dipimpin oleh Rm Arcadius Donyawahjana SJ yang bertugas dari tahun 1963 hingga 1973. Ia bersahabat dengan tokoh Agama Buddha bernama S. Hadisumarta. Keduanya sering datang ke makam Ki Ageng Giring, dan goa (saat itu belum diberi nama Goa Maria Tritis) untuk melakukan meditasi.

Menjelang perayaan Natal tahun 1974, pastor Proki R, Al. Hardjaasudarma SJ mendengar cerita seorang anak SD, yang menceritakan tentang keindahan goa, yang tak jauh dari ladang anak tersebut.

Setelah bertanya diketehui jika Rm Dibya sering datang bersama sahabatnya Hadisumarta ke sana. Lalu timbulah ide agar umat Katolik berdoa di sana.

Singkat cerita, tahun 1977 Goa Tritis resmi dibuka dan diberkati oleh Rm Siegfried Zagnweh SJ yang juga merupakan pastor Paroki Wonosari. Selain itu juga dibuat patung Bunda Maria terbuat dari batu putih.

Nama Tritis diberikan karena adanya tetesan air dari atas melalui stalaktit yang ada. Tahun 1992 patung batu putih diganti lebih kecil yang terbuat dari semen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com