BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Ayo, Ubah Wacana Liburan ke Pantai Jadi Nyata

Kompas.com - 05/09/2018, 15:42 WIB
Haris Prahara,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir tahun semakin mendekat. Ah, rasanya ini kesempatan emas rekreasi untuk menyegarkan pikiran. Dengan begitu, produktivitas kita dapat pulih kembali.

Bila jenuh dengan suasana perkotaan dan segala dinamikanya, Anda bisa mencoba berlibur di alam terbuka, contohnya pantai.

Di sana, kita dapat menikmati perpaduan alam antara langit dan laut yang sama-sama bernuansa biru. Warna sejuk seperti itu tentunya mampu memberi rasa ketenangan serta kedamaian pada diri.

Nah, sebelum menikmati panorama pantai, ada baiknya Anda mempersiapkan diri sebelum berangkat.

Melansir YK Travel, Kamis (22/6/2017), berikut hal yang mesti diperhatikan bila ingin berwisata ke pantai:

1. Cek tipikal pantai

Lakukanlah riset mengenai jenis pantai yang akan dikunjungi. Sebab, setiap pantai memiliki karakteristik masing-masing.

Ada pantai yang khusus untuk anak-anak maupun dewasa. Terdapat pula pantai yang cocoknya dinikmati bersama keluarga, ada pula yang lebih asyik dinikmati sendiri.

Bila tujuan Anda berlibur ke pantai adalah liburan kuliah atau cuti kerja, pilihlah pantai yang tidak terlalu ramai sehingga Anda dapat rileks.

Dengan menyesuaikan tujuan berlibur dengan jenis pantai, tentunya bisa membuat momen liburan Anda terasa spesial.

2. Berlibur di waktu yang pas

Setelah menetapkan lokasi pantai yang bakal dikunjungi, kini saatnya mengatur waktu terbaik untuk berangkat.

Cermati musim atau cuaca di pantai destinasi Anda. Pastikan untuk berangkat di waktu yang tepat, jangan sampai Anda justru berlibur saat cuaca dipenuhi petir atau badai.

Ilustrasi pantaiSHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai
Berpatokan pada kondisi musim atau cuaca itulah, Anda bisa menentukan pula pakaian atau perlengkapan yang mesti dibawa ke pantai.

3. Pilih akomodasi tepat

Ingin menghabiskan beberapa hari di pantai? Bila begitu, Anda bakal membutuhkan tempat untuk menginap.

Carilah penginapan yang dekat dengan lokasi pantai. Lebih asyik lagi kalau penginapannya menghadap langsung ke pantai. Amboi cakepnya.

Sekadar informasi, di berbagai belahan bumi misalnya Karibia, terdapat penginapan eksklusif dengan pantainya. Akan tetapi, siap-siap saja merogoh kocek dalam-dalam, ya.

4. Aktivitas seru

Urusan waktu dan tempat beres, saatnya memikirkan aktivitas apa selama berlibur di pantai. Persiapan sudah matang, jangan sampai tiba di lokasi malah mati gaya.

Menentukan aktivitas di pantai berpulang lagi pada kegemaran setiap individu. Kegiatan apa yang Anda sukai, apakah berenang, berselancar, atau hal lainnya?

Atau mungkin saja Anda lebih senang bersantai di atas pasir sambil membaca buku? Sah-sah saja.

Ilustrasi bermain di pantai Ilustrasi bermain di pantai
Satu yang perlu diingat, pastikan pantai tujuan Anda mendukung terlaksananya aktivitas tersebut.

Sebagai tambahan, mumpung sedang berlibur ke pantai, jangan sampai luput menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Itulah waktu terbaik Anda untuk berfoto dan mengunggahnya ke media sosial, seperti Instagram.

Sudah jauh-jauh liburan ke pantai, belum afdal rasanya kalau tidak diabadikan dan dibagi keceriannya kepada orang-orang terdekat.

Tak perlu terlalu ribet membawa kamera profesional untuk mengabadikan momen berharga tersebut. Sebab, kini telah hadir smartphone dengan kualitas kamera mumpuni. Misalnya, Oppo F9.

Oppo F9Dok. Oppo Indonesia Oppo F9
Untuk kamera utamanya ganda dengan resolusi 16 megapiksel plus 2 megapiksel, sedangkan kamera depan untuk selfie beresolusi hingga 25 megapiksel.

Selain kamera andal, ponsel tersebut juga telah mengadopsi teknologi VOOC flash charge. Melalui fitur ini, pengisian daya selama 5 menit sudah membuat ponsel dapat digunakan menelepon hingga dua jam. Hal tersebut tentunya memudahkan ketika berlibur di tempat dengan aliran listrik terbatas, seperti pantai.

Sebagai informasi, desain ponsel tersebut memiliki efek gradasi yang kian melengkapi nuansa liburan Anda, yakni matahari terbit (sunrise red) dan terbenam (twilight blue).

Kalau persiapan sudah matang, rasanya tinggal mengubah wacana liburan menjadi kenyataan. Cus, ayo berangkat.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com