Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Obyek Wisata Keren Akan Ditautkan Dalam Satu Kawasan Geopark

Kompas.com - 19/09/2018, 10:45 WIB
Rosyid A Azhar ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – 5 obyek wisata keren di Provinsi Gorontalo akan dikembangkan dan ditautkan dalam satu kawasan geopark.

Lima obyek wisata ini adalah Taman Laut Olele, penyelaman Biluhu timur, wisata hiu paus Botubarani, Bangkai Kapal Kargo, dan desa wisata religius Bongo.

Kawasan ini berada di 3 wilayah administrasi, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

“Konsep  geopark ini memiliki aspek kesinambungan, potensinya besar namun juga ada ancaman di dalamnya,” kata Budi Sidiki, Kepala Bappeda Provnsi Gorontalo pada workshop pengembangan destinasi wisata geopark, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Menyaksikan Kemunculan Hiu Paus di Perairan Gorontalo

Aspek keberlanjutan ini akan mengangkat upaya konservasi lingkungan yang disandingkan dengan edukasi dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Pengintegrasian 5 obyek wisata dimulai dengan mendudukkan para pelaku wisata, pemerintah daerah, dan pemangku pariwisata lainnya untuk mendisain gambaran konsep wisata yang akan ditawarkan kepada pasar wisata dunia.

Kelima obyek ini berada satu garis di pesisir Teluk Tomini, teluk terbesar di dunia yang berada di garis khatulistiwa.

“Kami masih menerima usulan dan saran untuk merevisi Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) terkait geopark ini,” kata Sofyan Pulo’o,  Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com