Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Paling Jorok di Bandara Ternyata Sering Anda Sentuh

Kompas.com - 19/09/2018, 22:07 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar 10 persen dari benda yang Anda sentuh di bandara mengandung kuman. Benda yang paling berkuman adalah benda yang tak bisa Anda hindari.

Nampan di area pemeriksaan keamanan dengan metal detector merupakan benda paling berkuman di bandara. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan BMC Infectious Diseases seperti dikutip dari situs Travelandleisure.com.

Tim riset dari University of Nottingham dan Finnish National Institute for Health and Welfare  menyeka berbagai benda di bandara Helsinki-Vantaa untuk mengidentifikasikan tempat dan barang yang paling berkuman di bdanra.

Nampan di area pemeriksaan keamanan memilki jumlah bakteri tertinggi. Namun, tak hanya nampan ini, beberapa area berisiko tinggi adalah area dekat kasir di toko, sepanjang pegangan tangga, loket tempat check-in, hingga area bermain anak.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Kembali Raih Bandara Terbaik di Dunia Versi ACI

Virus yang paling umum ditemukan adalah rhinovirus yang bisa menyebabkan flu. Untuk melawan kuman yang bertebaran di bandara, tim riset tersebut menyarankan untuk selalu mencuci tangan dengan benar.

"Orang-orang bisa meminimalisir penularan dengan cuci tangan secara higienis dan batuk ke sapu tangan atau tisu, lakukan setiap saat terutama jika berada di tempat umum," ungkap Jonathan Van Tam, profesor proteksi kesehatan dari universitas tersebut dalam sebuah pernyataan.

Hal sederhana ini, lanjutnya, dapat mencengah pandemi. Selain itu, pencegahan tersebut penting dilakukan di area-area dengan banyak orang seperti bandara. Apalagi bandara merupakan tempat orang-orang bepergian dari dan ke berbagai tempat di dunia.

Nampan di tempat umum tergolong benda yang mudah "mengumpulkan" kuman, baik di bandara maupun di pesawat. Dalam sebuah studi pada tahun 2015 ditemukan bahwa meja nampan di pesawat mengandung bakteri terbanyak di kabin pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com