Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teh dan Teko Teh Bisa Jadi Investasi Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 25/09/2018, 20:19 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata teh dan teko teh bisa menjadi investasi berharga fantastis. Namun dengan syarat, tahu varian teh dan teko yang memiliki nilai tinggi.

"Teh yang untuk investasi itu teh pu erh, karena teh ini semakin lama semakin mahal," jelas ahli teh (tea sommelier) Hutomo Joe saat ditemui saat acara workshop dari Siangming Tea dan Kopi Oey, di Kopi Oey Sabang Jakarta, Kamis (25/9/2018).

Teh pu erh dijelaskan oleh Master Teh Suwarni yang juga merupakan ibunda Joe, dapat disimpan sampai usia 50 tahun. Khususnya untuk raw pu erh atau daun teh yang dikeringkan dengan cara tradisional.

Baca juga: Mengenal Teh Adeni Khas Arab dan Cara Membuatnya di Rumah

Semakin lama disimpan, teh pu erh akan memiliki tekstur dan aroma yang semakin dalam. Teh pu erh sendiri dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi penderita kolesterol. 

"Harganya tergantung, kalau di China itu ada yang (bobot) 100 gram harganya Rp 100 juta. Di Indonesia ada yang bobot 350 gram dijual lima sampai Rp 10 juta," jelas Joe.

Dengan harga yang fastatis, Joe mengatakan tidak jarang teh pu erh menjadi koleksi para pecinta teh.

Ilustrasi teh hitamSasaJo Ilustrasi teh hitam

Di China penikmat teh pu erh dengan usia puluhan tahun berarti adalah orang dengan status ekonomi golongan atas. Teh pu erh juga sering menjadi hadiah tanda hormat, biasanya untuk orang yang lebih tua.

Sama halnya dengan teh, teko teh menurut Joe juga dapat menjadi investasi. Biasanya teko teh bernilai tinggi jika dibuat oleh pengrajin teko teh ternama atau dari bahan tanah gunung tertentu.

"Tanah liat itu ada warnanya, sama seperti teh yang ada enam warna. Masing-masing teko teh punya jodoh sendiri dengan teh, yang hanya bisa diketahui setelah proses pembuatan teko. Itulah yang membuat teko teh jadi mahal," kata Joe.

Alhasil harga satu teko teh berukuran kecil bisa berharga Rp 500 juta, tergantung dari bahan, pembuat, dan hasil akhir dari teko tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com