Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Bandara dengan Pemandangan Terindah di Dunia?

Kompas.com - 26/09/2018, 08:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana Menteri India, Narendra Modi baru saja meresmikan bandara di India ke 100 negara bagian Sikkim di utara-timur pada hari Senin, (24/9/2018). Banyak yang menyebut bandara ini salah satu yang paling indah di dunia.

Daerah Sikkim, merupakan bekas kerajaan kecil di Himalaya, dan tempat Kanchenjunga, gunung tertinggi ketiga di dunia. Dataran ini menghubungkan India dengan Tibet, Bhutan, Nepal, melalui delapan jalan gunung.

Letak bandara ini 30 kilometer dari ibukota negara bagian, Gangtok, sekitar 60 kilometer dari perbatasan dengan Cina.

Landasan Bandara Sikkim, di India.BBC Landasan Bandara Sikkim, di India.
Bandara pertama di negara bagian Pakyong ini terletak di atas bukit, di Desa Pakyong, 1.371 meter di atas permukaan laut.

Bandara tersebut "diukir" di sisi gunung, dan  dianggap sebagai teknik yang ajaib. Topografinya diapit oleh lembah-lembah dalam, di kedua  ujung landasan sepanjang 1.75 kilometer.

Kapanpun pesawat lepas landas dan mendarat pemandangan yang tersaji ialah deretan gunung dengan puncak saljunya yang menawan.

Bandar Udara Sikkim, di India yang baru diresmikan Senin, (24/9/2018). Banyak yang menyebut bandara ini salah satu yang paling indah di dunia. Bandar Udara Sikkim, di India yang baru diresmikan Senin, (24/9/2018). Banyak yang menyebut bandara ini salah satu yang paling indah di dunia.
Untuk fasilitas, bandara dengan luas 201 hektar ini memiliki dua tempat parkir dan bangunan terminal, yang dapat menampung sekitar 100 penumpang dalam satu waktu.

Dikutip dari BBC, menurut juru bicara Punj Lloyd, sebuah perusahaan India yang membangun landasan pacu mengatakan kondisi topografi yang sulit dan cuaca yang tidak bersahabat membuat proyek sembilan tahun ini "sangat menantang dan menggairahkan".

Insinyur mengatakan tantangan utamanya adalah saat melakukan pekerjaan konstruksi tanah di lokasi dan membawa peralatan melalui jalan gunung yang sempit. Sikkim sempat mendapat hujan monsun dari April hingga September, yang sempat menghambat pekerjaan.

Landasan andar Udara Sikkim, di India yang baru diresmikan Senin, (24/9/2018). Banyak yang menyebut bandara ini salah satu yang paling indah di dunia.BBC Landasan andar Udara Sikkim, di India yang baru diresmikan Senin, (24/9/2018). Banyak yang menyebut bandara ini salah satu yang paling indah di dunia.
Medan berbukit dan seismisitas tinggi termasuk di antara beberapa tantangan lain yang dihadapi para insinyur di lereng berbatu.

Seluruh bandara, termasuk landasan pacu, telah dibangun di atas tanah yang dibuat dengan membangun dinding tanggul setinggi 263 kaki di lembah yang dalam. Punj Lloyd mengatakan ini adalah salah satu dinding "penguatan" tertinggi di dunia.

Penerbangan komersil pertama akan mulai beroperasi 4 Oktober 2018, dari Pakyong. Bandara ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata ke Sikkim, yang merupakan tempat sejumlah puncak, gletser, dan danau dataran tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com