Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Thailand, Ladang Opium "Disulap" Jadi Vila dan Taman Bunga

Kompas.com - 28/09/2018, 15:06 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

CHIANG RAI, KOMPAS.com - Ingin jalan-jalan ke bekas ladang opium? Kunjungi saja Doi Tung yang terletak di Chiang Rai, provinsi paling utara Thailand.

Namun jangan kecewa apabila anda tak menemukan satu pun bunga poppy di tempat tersebut. Sebab, sejak tahun 1980-an, Ratu Srinagarindra memang sudah 'menyelamatkan' daerah serta masyarakat di sana dari mata rantai jahat perdagangan opium.

Melalui sebuah proyek besar, sang ratu menyulap daerah tersebut dari ladang opium pemasok 75 persen opium dunia menjadi kebun bunga nan indah.

Ada dua destinasi yang dapat anda kunjungi di Doi Tung. Pertama yakni Doi Tung Garden yang merupakan taman bunga nan indah. Kedua, yakni Doi Tung Villa di mana sang ratu pernah tinggal sementara untuk memantau proyek penyelamatannya itu.

Doi Tung Garden

Dari pusat kota Chiang Rai, Doi Tung Garden dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam saja menggunakan kendaraan sendiri.

Bagi backpacker, Anda dapat menaiki angkutan umum berupa minibus dari pusat kota menuju pintu masuk Doi Tung dengan harga 50 Baht per orang. Setelah itu, Anda bisa melanjutkannya dengan menyewa mobil pick up beratap dengan harga 600 Baht.

Mobil dengan kapasitas delapan orang itu akan menunggu anda hingga selesai menjelajah Doi Tung.

Sementara untuk masuk ke Doi Tung Garden, per orang dikenakan biaya sebesar 90 Baht atau setara dengan sekitar Rp 40.000.

Wisatawan Indonesia berfoto bersama di pintu masuk Doi Tung Villa, Chiang Rai, Thailand.Fabian Januarius Kuwado Wisatawan Indonesia berfoto bersama di pintu masuk Doi Tung Villa, Chiang Rai, Thailand.

Jalan setapak dari bebatuan mengawali langkah saat memasuki area taman. Pada bagian awal ini, di kiri dan kanan hanya tampak pepohonan nan rindang. Namun begitu jalan setapak mulai memasuki undakan menurun dan melewati beberapa kelokan, mata langsung dimanjakan hamparan berbagai jenis bunga beraneka warna.

Pemandu kami, Nuanwan Hansanawin, mengatakan bunga-bunga itu tidak seluruhnya berasal dari Thailand. Kebanyakan diimpor dari barat.

"Saya tidak mengetahui berapa jumlah jenis bunga di taman ini mungkin seribu atau lebih. Tapi dalam setiap beberapa waktu, bunga-bunga ini diganti dengan yang berbeda jenis," ujar wanita yang akrab disapa Ning saat Kompas.com berkunjung ke sana, 24/9/2018.

Terdapat sejumlah titik di mana anda dapat mengabadikan foto. Mulai dari telaga, rumah kaca, atau sepeda yang memang sengaja diletakkan di tengah-tengah hamparan bunga untuk dijadikan properti foto.

Salah satu pemandangan Doi Tung Garden, Chiang Rai, Thailand. Dari sudut ini, terlihat Doi Tung Villa di bagian atasnya. Fabian Januarius Kuwado Salah satu pemandangan Doi Tung Garden, Chiang Rai, Thailand. Dari sudut ini, terlihat Doi Tung Villa di bagian atasnya.

Ning mengatakan bahwa waktu yang paling nyaman untuk berkunjung ke taman tersebut yakni sekitar bulan November, Desember dan Januari. Sebab, pada bulan itu utara Thailand memasuki musim dingin.

Namun apabila anda datang di selain bulan itu, siapkan kaca mata hitam, payung dan sunblock untuk melindungi diri Anda dari terpaan sinar matahari yang sangat terik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com