Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Archipelago International Ekspansi ke Arab Saudi

Kompas.com - 29/09/2018, 17:48 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu grup hotel di Indonesia, Archipelago International telah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama franchise jangka panjang dengan Warifat Hospitality Limited, anak perusahaan dari Jabal Omar Development Company (JODC).

Dari perjanjian tersebut, Warifat Hospitality diberikan kewenangan untuk mengembangkan dan memasarkan 3 merek hotel dari Archipelago International.

Tiga diantaranya adalah Grand Aston, Aston, dan Harper. Pengembangan tidak terbatas hanya di Mekkah, tetapi juga di seluruh kawasan kerajaan Arab Saudi.

“Secara strategis, hal ini merupakan perjanjian bersejarah bagi perusahaan kami dan tentu saja untuk Indonesia, karena kami adalah manajemen hotel pertama yang berbasis di Indonesia yang akan memasuki Kawasan Kerajaan Arab Saudi,” kata President & CEO Archipelago International, John Flood dalam keterangan tertulis.

Aston BanyuwangiDok. Archipelago International Aston Banyuwangi

Ia mengatakan masyarakat Indonesia yang mengenal merek dari hotel-hotel grup tersebut merupakan sumber pasar terbesar bagi peziarah yang datang ke Mekkah dan Madinah.

“Kesepakatan ini juga diharapkan dapat melayani pertumbuhan yang signifikan, tidak hanya dari pasar Indonesia namun juga dari Asia Tenggara,” kata John.

Adapun hotel pertama yang akan dikembangkan berdasarkan perjanjian ini adalah Jabal Omar Grand Aston. Ditargetkan hotel tersebut selesai pada Jui 2019.

“Kami sangat antusias untuk memperlulas kemitraan kami dengan merek hotel Indonesia yang terkemuka dan mapan, terlebih dalam kerjasama franchise penggunanaan merek Grand Aston di Kerajaan Arab Saudi,” kata Chairman dari Warifat Hospitality dan CEO dari JODC, Yasser Faisal Al-Sharif.

Jabal Omar Grand Aston direncanakan selesai pada Juli 2019. DOK. Archipelago International Jabal Omar Grand Aston direncanakan selesai pada Juli 2019.

Ia mengatakan percaya nantinya hotel tersebut akan menjadi mempercepat pertumbuhan pasar peziarah dari Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara dalam melaksanakan ibadah Haji maupun Umrah di Mekkah.

Hotel berbintang 5 ini merupakan hotel Archipelago International pertama di Arab Saudi yang hadir dengan 560 kamar. Lokasinya sendiri ada di lokasi premium yang jaraknya cukup dekat dengan Masjidil Haram. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com