Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2018, 16:14 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata penumpang menyebalkan di kereta kota tidak hanya terjadi di KRL (Commuterline) Jabodetabek. Nyatanya penduduk di kota-kota besar dunia jengah dengan penumpang yang tidak mengikuti aturan dan menyusahkan penumpang lainnya.

Dilansir dari Telegraph, ada 10 tipe penumpang di Tube (kereta bawah tanah di Inggris) yang mengganggu orang lain. Uniknya tipe penumpang ini tidak jauh berbeda dengan KRL di Jabodetabek. Berikut tipe penumpang yang banyak membuat kesal orang lain di KRL:

1. Si Malas Geser

Tipe penumpang ini malas bergeser dari dekat pintu kereta. Tipe penumpang ini membuat kawasan sekitar pintu jadi padat. Alhasil menghalangi penumpang yang naik dan turun.

2. Si Barang Bawaan Heboh

Naik kereta KRL nyatanya juga ada peraturan resmi untuk membawa besaran barang. Yakni barang dengan domensi 100x40x30 sentimeter. Bisa dijinjing atau diletakkan di rak bagasi.

Aturan tambahan berlaku untuk pengguna yang membawa koper mulai dari ukuran kabin 18 inci, 19 inci, 20 inci, hingga ukuran 48x74x29 sentimeter.

Masalahnya tak jarang penumpang yang membawa barang dengan dimensi lebih besar dari itu. Jika memang merasa membawa barang dengan dimensi besar, sebisa mungkin hindari naik KRL pada jam sibuk, seperti pagi atau sore hari, serta waktu berangkat dan pulang kerja.

3. Si Tukang Sender

Saat jam padat, memang sulit untuk mendapatkan tempat duduk di KRL. Alhasil tempat bersender seperti bagian samping pintu kereta jadi tempat favorit banyak orang.

Malah terkadang saat kereta sedang padat-padatnya, ada penumpang yang bersender sepenuh hati dengan penumpang lainnya.

4. Tukang Pura-pura

Pernahkah bertemu dengan orang yang pura-pura tidur atau pura-pura tidak melihat? Ada juga yang menggunakan jurus pura-pura agar tidak perlu memberi kursi kepada orang yang membutuhkan seperti manula, perempuan hamil, atau ibu dan balita.

Video sejumlah orang bergelantung di dalam kereta rel listrik (KRL) dan membuka kaca jendela KRL yang tampak sedang berjalan beredar di media sosial. PT KCI kini sedang menyelidiki video itu.Instagram Video sejumlah orang bergelantung di dalam kereta rel listrik (KRL) dan membuka kaca jendela KRL yang tampak sedang berjalan beredar di media sosial. PT KCI kini sedang menyelidiki video itu.
5. Orang Tua Lemah Pengawasan Anak

Anak-anak yang berlarian, berteriak, atau melompat-lompat di kursi kereta dapat mengganggu penumpang kereta lain. Awasi anak dan beri pengertian yang cukup agar mendukung suasana kondusif di kereta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com