Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Berkunjung ke Kampung "Instagramable" Bekelir di Tangerang

Kompas.com - 03/10/2018, 20:13 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Sudah tau soal Kampung Bekelir? Tempat ini bukan sekadar kampung, tetapi juga menawarkan spot-spot instagramable, wisata kuliner, hingga wisata edukasi.

Kampung Bekelir terletak di RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten. Nah, bila Anda berencana datang ke sana, simak 5 tips ini seperti dihimpun KompasTravel.


1. Mengenakan busana yang sopan dan nyaman

Berkunjung ke Kampung Bekelir dalam acara Sehari Bertani dari Crowde dan Kultara, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Berkunjung ke Kampung Bekelir dalam acara Sehari Bertani dari Crowde dan Kultara, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Sebaiknya Anda gunakan busana yang nyaman, sopan, dan mudah menyerap keringat. Matahari bersinar sangat terik dari pagi hingga sore hari.


2. Datang pada sore hari

Kampung Bekelir, kampung kumuh yang kini telah bertransformasi menjadi kampung warna-warni yang instagramable, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Kampung Bekelir, kampung kumuh yang kini telah bertransformasi menjadi kampung warna-warni yang instagramable, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Mayoritas pedagang yang menjual kuliner di tepi Sungai Bekelir buka pada pukul 17.00 WIB.

Oleh karena itu, sore hari nan teduh adalah waktu yang cocok untuk berfoto ria sekaligus menikmati kuliner.


3. Cari spot instagramable

 

Salah satu mural di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten. KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Salah satu mural di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten.

Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk berkeliling kampung. Di dalam kawasan Kampung Bekelir lebih banyak lagi spot instagramable.

Anda bisa melihat indahnya mural-mural buatan para seniman lokal Indonesia di kampung tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa berbincang dengan warga sekitar soal kisah perubahan kampung menjadi lebih indah.


4. Berwisata kuliner

Nasi ulam di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Nasi ulam di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Ragam kuliner bisa Anda temukan di Kampung Bekelir. Beberapa warung nasi sudah buka pada siang hari, menyediakan nasi rames hingga nasi ulam.

Nah, sore harinya Anda bisa menyicipi ragam makanan seperti kue pancong, kue dongkal, soto, kopi dan aneka makanan juga minuman lainnya.


5. Membawa botol plastik bekas

Botol plastik didaur ulang menjadi media tanam tanaman akuaponik, di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Botol plastik didaur ulang menjadi media tanam tanaman akuaponik, di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Banten, Minggu (30/9/2018).

Di kampung tersebut terdapat rumah bibit yang juga menjadi wisata edukasi. Bila Anda ke sana, disarankan untuk membawa botol minum plastik yang sudah tidak digunakan.

Botol-botol tersebut akan didaur ulang dan digunakan sebagai media tanam tanaman akuaponik yang dibuat oleh para warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com