Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Ayo Datang ke Atambua, Nonton Festival Cross Border!

Kompas.com - 04/10/2018, 08:05 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

ATAMBUA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar kegiatan festival Cross Border di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan yang akan berpusat di lapangan umum Simpang Lima Atambua itu, akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kegiatan Festival Cross Border digelar untuk memperkuat sektor pariwisata Indonesia khususnya di daerah yang berbatasan dengan negara tetangga.

Menpar pun mengajak masyarakat lokal dan mancanegara untuk hadir dalam acara tersebut.

“Festival ini, untuk menjaring wisatawan di daerah perbatasan. Tentu ini adalah langkah yang baik. Potensi kehadiran mereka sangat tinggi. Apalagi jika disuguhkan dengan atraksi yang luar biasa dan mereka kenal. Kali ini Cross Border Atambua disuguhkan dengan atraksi musik berkualitas dan sudah dikenal. Apalagi musisi dari negara tetangga juga terlibat. Saya yakin event ini akan sukses. Ayo datang ke Atambua,” kata Arief Yahya, Rabu (3/10/2018).

Sementara itu, Pelaksana tugas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, pada pekan ini akan ada tiga agenda yang didukung Kemenpar.

Ribuan warga dari Kabupaten Belu dan Timor Leste menampilkan tarian likurai di Puncak Bukit Fulan Fehan di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/10/2017).KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE Ribuan warga dari Kabupaten Belu dan Timor Leste menampilkan tarian likurai di Puncak Bukit Fulan Fehan di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/10/2017).
Agenda wisata tersebut adalah Festival Konser Musik Cross Border 4-5 Oktober, Festival Wonderful Indonesia 4-5 Oktober dan Festival Fulan Fehan yang masuk dalam top 100 Calendar of Event Kemenpar bakal digelar pada 6 Oktober 2018.

Festival Cross Border Atambua 2018 adalah agenda tahunan Kementerian Pariwisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Dinas Pariwisata Kabupaten Belu,” ucap Ni Wayan Giri Adnyani yang didampingi Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata, Ricky Fauzi.

Giri melanjutkan, tujuan digelarnya event ini adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya negara tetangga. Terlebih NTT memiliki tiga pintu yang bisa dilewati wisatawan mancanegara.

“Kita ingin meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya pasar Timor Leste lewat pos-pos pintu perbatasan. Khususnya yang ada di NTT lewat 3 Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Yaitu PLBN Mota’ain di Belu, PLBN Motamasin Malaka, dan PLBN Wini di Timor Tengah Utara. Juga lewat 6 PLB,” papar Giri yang diamini Ricky.

Sementara itu, Ricky menjelaskan, NTT tahun ini ditargetkan sebagai penyumbang wisman cross border area II setelah Kepulauan Riau (Kepri).

Kepri, menurut Ricky, ditargetkan menyumbang 2.187.000 juta wisman. Sementara NTT ditargetkan menyumbang 1.635.354 juta wisman pada 2018.

Padang Sabana Fulan Fehan, Atambua, NTT.KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Padang Sabana Fulan Fehan, Atambua, NTT.
“Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), wisman Timor Leste pada periode Januari hingga Juli 2018 sebesar 1.005.600 wisman. Naik 89,16 persen menjadi 531.600 dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Wisman Timor Leste pada bulan Juli 2018 mencapai 163.300 wisman, naik 91,44 persen dibanding Juli 2017 yang mendatangkan 85.300 wisman,” ujar Ricky.

Di sisi lain, Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I, Hendry Noviardi, menegaskan jika festival cross border selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan dan dipadati banyak wisatawan.

“Kemasan festival cross border selalu mempunyai daya tarik karena menampilkan pesona Indonesia, sehingga wisatawan datang dalam jumlah besar. Unsur atraksi yang menarik dan jarak yang tidak terlalu, menjadi alasan wisatawan cross border selalu memadati event seperti Festival Cross Border Atambua 2018 ini,” katanya.

Dalam Festival Cross Border kali ini, akan dimeriahkan dengan penampilan Juara Indonesian Idol 2018 Maria Simorangkir dan penyanyi Asal Timor Leste Abitu Gama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com