Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beragam Budaya, Pontianak Gelar Festival Pesona Lokal

Kompas.com - 04/10/2018, 12:46 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kota Pontianak menggelar Festival Pesona Lokal yang rencananya akan dipusatkan di Taman Alun Kapuas pada 14 Oktober 2018.

Festival yang dihelat salah satu perusahaan pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak ini merupakan rangkaian HUT ke-247 Kota Pontianak dan HUT ke-28 Adira Finance.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews untuk turut serta mempromosikan dan mendukung potensi serta kearifan lokal melalui Pariwisata, Budaya, Pendidikan dan UMKM.

Sebelumnya, festival serupa juga sudah dilaksanakan di sejumlah kota di Indonesia, diantaranya Bandung, Solo dan Bali.

Pontianak merupakan satu-satunya kota di Pulau Kalimantan yang didaulat menyelenggarakan festival tersebut.

Regional Collection Head Area Kalimantan Adira Finance, Hendarto Nugroho mengungkapkan, Pontianak dipilih sebagai salah satu dari sembilan kota penyelenggara berawal dari kesuksesan penyelenggaraan acara Satu untuk Negeri.

"Pontianak juga memiliki budaya yang beragam dibanding dengan kota-kota lainnya," ungkap Hendarto dalam konferensi pers di Pontianak, Rabu (3/10/2018).

“Adira Finance berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia melalui berbagai program CSR Adira Finance untuk Indonesia yang mengarah pada pengembangan komunitas," kata Hendarto.

Selain itu, sambung Hendarto, Festival Pesona Lokal ini bertujuan untuk mempromosikan daerah yang memiliki potensi untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri serta mendukung kearifan lokal dari suatu daerah sehingga pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pendapatan daerah.

Sejumlah kegiatan yang akan berlangsung dalam festival tersebut diantaranya Lomba Karnaval Budaya, Lomba Mural, Kreasi Masakan Daerah, dan Pasar Rakyat (Otomotif, Produk UMKM, Kuliner) dan penghargaan UMKM Terbaik.

Pada ajang tersebut juga akan diberikan penghargaan Kota Paling Mempesona dari Kemenpar (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com