Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Rangkaian Festival Budaya di Bulan Oktober

Kompas.com - 04/10/2018, 17:13 WIB
Citra Fany Samparaya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu yang tepat untuk menyambangi sebuah destinasi adalah ketika festival budaya digelar. 

Anda bisa mengenal sebuah daerah lewat festival budayanya. Beruntung, Indonesia punya banyak festival budaya yang digelar di berbagai daerah. Berikut daftar festival budaya bulan Oktober 2018 seperti dihimpun KompasTravel.

1. Festival Kerinci, Jambi

Festival Kerinci atau Festival Masyarakan Peduli Danau Kerinci (FMPDK), merupakan acara tahunan Kabupaten Kerinci yang telah masuk dalam agenda pariwisata nasional. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 7 Oktober 2018 di Kawasan Wisata Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Pada Festival Kerinci kali ini akan menampilkan pawai budaya, tarian masal, lomba parno adat dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci, serta lomba seni budaya. Selain itu, juga terdapat stan kuliner untuk memanjakan lidah para pengunjung.

2. Festival Pesta Budaya Asmat, Papua

Suku Asmat di Papua terkenal dengan kemampuannya membuat karya ukiran tanpa sketsa. Untuk itulah hadir Festival Budaya Asmat setiap tahunnya yang menyoroti hasil karya suku Asmat ini.

Acara ini akan diadakan pada tanggal 4 hingga 9 Oktober 2018 dengan tema “Kumandangkan Lagu dan Tifa”. Di Asmat, lagu adalah nyawa dari sebuah perayaan pesta di Asmat.

3. Festival Keraton Nusantara, Jawa Timur

Festival Keraton Nusantara merupakan sebuah ajang pertemuan antara raja – raja yang tersebar diseluruh penjuru nusantara.

Acara ini melibatkan 50 istana yang ada di Indonesia dan tahun ini acara ini akan digelar di Sumenep, Jawa Timur pada 13 – 18 Oktober.

Festival kali ini merupakan gelaran ke 12 dengan menghadirkan pameran benda-benda suci, pertunjukan seni, seminar budaya, pertemuan raja-raja dan kesultanan di seluruh Nusantara, serta pertunjukan upacara budaya dan Kirab Prajurit Keraton.

4. Gebyar Pesona Budaya Garut 2018

Garut tidak hanya terkenal dengan dodolnya, tetapi juga kaya akan tradisi dan budaya. Gebyar Pesona Garut yang digelar pada 14 hingga 18 Oktober 2018  akan digelar untuk menunjukan tradisi dan budaya Garut.

Akan ada atraksi seni budaya seperti kirab Cingot, Domba Catwalk, batik garutan, pertunjukan seni, dan beberapa atraksi menarik lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com