Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tips "Roadtrip" Bersama Anak

Kompas.com - 04/10/2018, 19:15 WIB
Citra Fany Samparaya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Liburan bersama anak bukanlah hal yang mudah. Butuh persiapan khusus karena mood anak-anak bisa berubah kapan saja. 

Jika tak ingin jauh-jauh ke luar negeri, perjalanan dalam kota atau ke kota sekitar juga menyenangkan. Berikut 12 tips untuk melakukan roadtrip bersama anak naik mobil, seperti dikutip dari Lonely Planet.

1. Atur pakaian terlebih dahulu

Ketika liburan, pakaian menjadi hal yang penting untuk disiapkan. Bawalah pakaian secukupnya yang dibutuhkan. Jika tidak ingin repot mencuci pakaian, bawalah pakaian lebih. 

Gunakan tas-tas dan beri label keterangan untuk memisahkan pakaian Anda dan anak agar lebih mudah untuk diambil.

Misalnya, tas untuk pakaian dalam, sepatu, pakaian Anda, pakaian anak. Letakkan semua atasan dalam satu tempat, pakaian dalam di tempat yang lain, bawahan di depan, dan seterusnya. 

2. Bawa perlengkapan buang air anak

Jika Anda memiliki anak yang berusia dua hingga empat tahun, bawalah pispot kecil untuk mempermudah anak buang air di dalam mobil jika tidak menemukan toilet dalam perjalanan. Siapkan juga beberapa kantong plastik dan tisu bayi.

Ilustrasi berenangViktorCap Ilustrasi berenang
3. Bawa perlengkapan renang

Ketika liburan, pantai atau kolam renang menjadi salah satu tujuan favorit anak. Untuk itu, perlengkapan renang menjadi barang wajib yang tidak boleh Anda lupakan.

Siapkan perlengkapan renang yang diatur rapi dalam tas terpisah, yang terdiri dari baju renang, topi, handuk, tabir surya, pelampung, kaca mata renang dan tas basah. Letakan ditempat yang mudah untuk diambil di bagasi mobil. 

4. Jangan meninggalkan rumah tanpa ...

Ketika perjalanan jauh, bawalah beberapa barang berikut yang mungkin akan dibutuhkan seperti charger ponsel, powerbank, kotak P3K, tisu basah dan kering, sanitiser, serta beberapa kantong plastik untuk menaruh sampah. 

5. Siapkan hal berikut dalam keadaan darurat          

Ketika melakukan perjalanan dengan mobil, bawalah ban serep untuk berjaga-jaga dalam perjalanan jauh. Simpan juga nomor penting untuk keadaan darurat seperti bengkel dan ambulance.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com