Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Alutsista TNI di Semarang Jadi Destinasi Wisata Dadakan

Kompas.com - 07/10/2018, 18:10 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.com - Pameran alutsista milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Eks Terminal Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang menjadi destinasi wisata dadakan. Pameran yang dibuka sejak Jumat (5/10/2018) lalu kini dibanjiri pengunjung.

Antusiasme masyarakat untuk melihat alutsista TNI ini sangat besar. Banyak warga dari luar Kota Semarang memutuskan datang hanya ingin melihat kecanggihan persenjataan milik TNI itu.

"Sejak pagi hingga sore jalan akses masuk ke eks bandara sudah dipadati pengunjung. Mereka antre untuk bisa sampai ruang pameran," ujar Kepala Penerangan Kodam IV Diponegoro, Kolonel Zaenudin, Minggu (7/10/2018).

Para pengunung yang datang tidak hanya didominasi anak-anak. Mereka yang berusia dewasa bahkan lansia tertarik untuk melihat pameran senjata milik TNI Kodam IV Diponegoro tersebut.

Pameran alutsista akan ditutup pada Minggu (7/10/2018) malam nanti. Di hari puncak, antusiasme makin terlihat. Ribuan pemudik hilir mudik ke arena pameran.

Pengunjung memadati alutsiswa milik TNI yang dipamerkan dalam rangka HUT TNI ke 73 di Eks Bandara Ahmad Yani Semarang.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Pengunjung memadati alutsiswa milik TNI yang dipamerkan dalam rangka HUT TNI ke 73 di Eks Bandara Ahmad Yani Semarang.

Sejumlah alutsista yang dipamerkan antara lain Heli Apache dan Rudal Starstreak, Tank, Panser Anoa, kendaraan tempur Marinir, dan lainnya. Sebagian anak-anak bahkan ada yang diberi kesempatan menaiki kendaraan tempur TNI.

Zaenudin menerangkan, antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pameran ini menunjukkan kedekatan TNI dengan rakyat. Rakyat ingin mengetahui lebih dekat alusista dan mengabadikannya dengan smartphone.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, mengatakan pameran alutsista sengaja dihadirkan sebagai laporan pertanggungjawaban kepada masyarakat. Masyarakat dipersilahkan untuk melihat dan mengabadikan ke gawai yang dibawa.

"Pemeran selain arena rekreasi juga edukasi terutama bagi anak-anak," tandasnya.

Salah satu pengunjung asal Demak, Dullah (58), merasa senang bisa melihat persenjataan itu dari dekat. Ia senang karena bisa melihat Apache, tank, hingga helikopter.

"Sangat bagus. Ini baru pertama saya melihat. Tapi di pameran ramai sekali, penuh sesak," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com