Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Paket Wisata 7 Destinasi yang Dijual ke Delegasi IMF

Kompas.com - 08/10/2018, 20:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) menyiapkan 63 paket wisata bagi delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Paket wisata tersebut disebar di tujuh destinasi unggulan Indonesia.

Dengan harapan, adanya paket wisata dapat menarik delegasi untuk tinggal lebih lama di Indonesia dan menyumbang devisa dari sektor pariwisata.

Berikut adalah tujuh destinasi dan paket wisata yang dijual bagi sekitar 34.000 delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018:

1. Bali 

Bali diperkirakan akan menjadi preferensi wisata tertinggi delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018, dengan porsi 46 persen. Sebab Bali yakni daerah Nusa Dua menjadi lokasi penyelenggaran IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Paket wisata yang dijual di Bali terdiri dari Bedugul-Lovina, Uluwatu, Taman Nusa, Tulamben, Puri Santrian Beach Club, Denpasar Heritage City Tour, Kintamani Volcano & Kehen Temple, Mangrove Forest & Kuta Shopping, Ancient Karangasem Kingdom Tour, Romantic Tour, Barong Dace-Batur Volcano-Ubud Trip, The Wolrd Heritage Jatiluwih Vilalge-Rice Terrace Trekking, Ayung River Ubud Rafting, Benoa Sunset Dinner Cruise, Day Cruise to Nusa Lembongan Island,  The Most Favourite Bali Package Tour, dan 14 tur lain. 

2. Komodo- Flores & Sumba

Destinasi Pulau Flores dan Pulau Sumba digabung menjadi satu. Berdasarkan data trafik sitys resmi IMF-World Bank Annual Meeting 2018, ternyata paket wisata Komodo menempati kedua paling banyak dilihat setelah Bali.

Paket wisata yang ditawarkan tentunya berfokus pada Pulau Rinca, Pulau Kelor, Pink Beach, Pulau Padar, Living on Board (menginap di kapal), menginap di resor Plataran dengan paket spa, menginap di Nihi Sumba, dan paket menyelam di perairan Komodo.

Seorang nelayan sedang mengangkut jaring menuju perahunya saat senja di Senggigi Dhanang Dhave Seorang nelayan sedang mengangkut jaring menuju perahunya saat senja di Senggigi

3. Lombok

Paket wisata di Lombok berfokus di Gili Trawangan dan Senggigi. Ada lima paket wisata yang ditawarkan di Lombok, mulai dari paket romantis, golf, dan wisata bahari. Alternatif transportasi juga ada penerbangan dan kapal laut.

4. Yogyakarta

Tidak ketinggalan ada paket wisata Yogyakarta yang teridir dari paket wisata classic experience, classic biking experience (wisata klasik sembari main sepeda), glimpse of Yogyakarta, Yogyakarta Golfing at the Top, dan Jogja Surprise.

5. Toraja

Toraja sejak lama menjadi destinasi yang disukai orang Eropa. Ada empat paket wisata yang dihadirkan untuk mengeksplor wisata Toraja. Perbedaan paket wisata hanya pada durasi dan transportasi pilihan.

Siluet puluhan wisatawan mengabadikan api biru (Blue Fire) di kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/6/2018). Kawah Ijen dengan kedalaman 200 meter menjadi salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki fenomena api biru selain Islandia, membuat Ijen menjadi tujuan utama pendaki dari berbagai pelosok negeri hingga mancanegara.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Siluet puluhan wisatawan mengabadikan api biru (Blue Fire) di kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/6/2018). Kawah Ijen dengan kedalaman 200 meter menjadi salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki fenomena api biru selain Islandia, membuat Ijen menjadi tujuan utama pendaki dari berbagai pelosok negeri hingga mancanegara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com