Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Traveloka Hotel Award Segera Umumkan 239 Hotel Terbaik Asia Tenggara

Kompas.com - 15/10/2018, 18:10 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTraveloka sebagai perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking untuk destinasi lokal dan internasional kembali menggelar Traveloka Hotel Awards pada 19 Oktober 2018 di ICE BSD City, Jakarta.

Penghargaan yang memasuki tahun kedua ini berbeda dari tahun sebelumnnya, dimana penyelanggaraan tahun ini diadakan di Jakarta, dimana tahun sebelumnya berlangsung dibeberapa kota.

Traveloka Hotel Awards memiliki penilaian berdasarkan ulasan konsumen terhadap hotel-hotel yang menjadi pemenang. Ulasan positif ini meliputi empat kategori aspek yaitu food, cleanliness, service dan overall. Penilaian ini berlangsung sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2017.

Penghargaan ini sendiri akan diberikan kepada 239 dari 6.000 mitra hotel Traveloka di kawasan Asia Tenggara dengan empat kategori pemenang yaitu Traveloka Value Hotel Awards yang dimenangkan oleh 82 hotel dengan menyediakan food and beverage terbaik.

Traveloka Premium Hotel Awards yang dimenangkan oleh 109 hotel dengan kebersihan hotel terbaik.

Ada juga Traveloka Prestige Hotel Award yang dimenangkan 33 hotel yang unggul dalam pelayanannya dan Traveloka Best International Partner dimenangkan oleh 15 hotel yang unggul secara keseluruhan.

Ulasan konsumen menjadi dasar penilaian karena melihat tingginya dampak ulasan konsumen terhadap industri pariwisata, khususnya di bidang perhotelan.

Ini juga didukung dengan tingkat penetrasi internet dan teknologi yang cukup tinggi di Asia Tenggara. Konsumen menjadi lebih mudah dalam mengakses informasi dan di saat yang sama pihak hotel dapat saling terhubung dengan konsumen mereka melalui platform digital.

“Beberapa tahun belakang ini, kami telah melihat banyak sekali hotel yang mendapatkan ulasan positif dari konsumen, serta hotel yang meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk bisa mendapatkan ulasan positif dari konsumen,"

"Hal inilah yang menginspirasi kami untuk mengadakan Traveloka Hotel Awards sejak tahun lalu, yaitu untuk memberi apresiasi kepada mitra hotel yang telah mendengarkan ulasan konsumen dan memberika pelayanan terbaik sepanjang tahun,” ujar John Safenson, General Manager Accomodations, Traveloka dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Seiring dengan meningkatnya penggunaan aplikasi, sebagian besar pengguna akan membaca ulasan online terlebih dahulu sebelum memesan kamar hotel dan menjadikan ulasan tersebut sebagai referensi.

Hal ini menunjukan adanya rasa kepercayaan dari pengguna terhadap hotel yang memiliki banyak ulasan positif.

Hariyadi Sukamdani, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga mengatakan bahwa industri perhotelan saat ini sangat bergantung pada teknologi dan ulasan pengguna di mana hal ini merupakan salah satu cara konsumen dapat memberikan apresiasi, kebutuhan, dan keinginan mereka langsung kepada pihak hotel.

Dari sisi hotel pun dapat terhubung secara langsung dengan konsumen dan dapat membantu pihak manajemen untuk meningkatkan layanan dan kualitas hotel tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com