Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Memesan Kamar Hotel, Bacalah Ulasannya...

Kompas.com - 15/10/2018, 19:06 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHotel menjadi salah satu akomodasi liburan yang perlu untuk dipersiapkan ketika hendak liburan.

Tentunya dalam memilih hotel, perlu untuk memastikan hotel yang dipesan sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Untuk memilih hotel, ulasan menjadi penting untuk dilihat sebelum memesan sebuah kamar.

"Salah satu yang mempengaruhi konsumen dalam memilih hotel adalah review sebelumnya. Ada top three yang mempengaruhi seseorang memilih hotel dan review salah satunya setelah harga dan foto dari hotel dan customer,” kata Deo Wijaya, Senior Manager Product Traveloka dalam jumpa pers Traveloka Hotel Awards 2018 di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa lebih dari 90 persen orang akan membaca ulasan hotel sebelum memesan kamar hotel. Lebih dari 70 persen orang menganggap ulasan online pengunjung sebelumnya sangat penting untuk memutuskan hotel yang dipilih.

Menurutnya kebersihan, makanan, layanan, dan kualitas hotel secara keseluruhan adalah elemen utama bagi seseorang yang hendak memilih kamar hotel.

Untuk itu, ulasan dalam empat hal tersebut menjadi sangat penting dalam melihat dan menentukan hotel yang hendak dipilih.

Seiring dengan meningkatnya penggunaan aplikasi penyedia jasa travel dan lifestyle booking seperti Traveloka, sebagian besar pengguna akan membaca ulasan online terlebih dahulu sebelum memesan kamar hotel dan menjadikan ulasan tersebut referensi.

Hal ini menunjukan adanya rasa kepercayaan dari pengguna terhadap hotel yang memiliki banyak ulasan postif.

Hariyadi Sukamdani, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga menambahkan bahwa adanya ulasan dari konsumen ini, hotel-hotel yanga ada bisa terus memperbaiki dan meningkatkan performa untuk menarik pengunjung.

Dari ulasan inilah, hotel bisa terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh konsumen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com