Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Jadi "Solo Traveler" ke Korea, Jalan-jalan Tanpa Ikut Paket Tur

Kompas.com - 15/10/2018, 23:31 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Ikut paket tur wisata biasanya punya jadwal yang ketat sebab terlalu banyak tempat wisata yang dijelajahi dalam satu waktu. Selain itu, rombongan juga berjumlah besar.

Tidak heran jika tur dengan paket wisata bisa jadi kurang nyaman bagi mereka yang menginginkan untuk mengeksplorasi keindahan alam di tempat wisata yang mereka tuju, atau lebih ingin bersantai.

Nah, bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Korea Selatan tanpa perlu ikut tur wisata, berikut sejumlah tips-nya.

1. Rencanakan jauh hari sebelumnya

Perencanaan penting untuk membantu menghemat waktu. Rizky Amelia, selebgram hijab @ameliaelle kepada Kompas.com mengatakan, perencanaan termasuk bulan apa yang dituju ke Korea. Apakah musim dingin, semi, atau gugur.

Setelah itu, bisa menyesuaikan tiket dan pakaian yang akan dikenakan di sana, jangan sampai salah kostum.

Terakhir, jika tiket dan visa sudah di tangan, maka kamu harus membuat jadwal mau ke mana saja di Korea.

Baca juga: Cerita 5 Selebgram Hijab Menjajal Wisata Ramah Muslim di Korea

"Kita harus merencanakan hari ini mau ke mana saja. Lalu cari info tempat wisata dan bagaimana menujunya juga sebelum ke Korea. Hal itu akan sangat membantu menghemat waktu," kata Rizky Amelia, yang sudah empat kali berwisata bersama sang suami ke Korea ini.

Intinya, sebelum ke Korea, kamu harus rajin-rajin browsing dan baca-baca blog-blog serta pengalaman mereka yang pernah ke negara ini ya.

2. Siapkan dokumen visa

Persiapan selanjutnya adalah dokumen visa. Ingat, pemerintah Korea Selatan mengharuskan ada syarat fotokopi rekening koran tiga bulan sebelumnya atau kopian SPT PPh 21. JUga ada syarat surat keterangan kerja. Pastikan dokumen siap sebelum kamu mengurus formulir pengajuan visa ke Kedutaan.

Baca juga: 4 Tips Mengurus Visa Bagi yang Belum Pernah ke Korea Selatan

3. Cari Hotel

Langkah selanjutnya adalah mencari hotel. Pastikan hotel berada di dekat dengan tempat kita akan lebih banyak beraktivitas.

Pengalaman dua sahabat Ariani Jolanda dan Miranda Queenli yang bertemu Kompas.com saat berada di Nami Island mengatakan, mereka menyewa hotel di Myeongdong, Seoul, karena dekat dengan pusat wisata.

"Karena berdua jadi enak dibagi dua. Tarif hotelnya sekitar Rp 900.000 per malam. Kami mencarinya melalui Traveloka. Sengaja pilih Myeongdong karena dekat ke mana-mana," kata Miranda.

4. Siapkan won

Jika sudah mencari hotel yang dekat dengan tujuan wisata, kamu jangan lupa untuk menukar won. Saran saja, sebaiknya tetap membawa uang cash karena di Korea sistem pembayaran kartu kreditnya menggunakan tanda tangan digital.

Sementara di Indonesia terbiasa dengan PIN. Kagok sedikit, maka mesin tidak akan menerima tanda tangan kita. Kamu masih bisa menggunakan kartu ATM untuk melakukan pembayaran. Pengalaman Kompas.com, menggunakan ATM BCA yang sudah menggunakan chip dan berlogo master.

Baca juga: Bagaimana Mencari Makanan Halal di Korea Selatan?

5. Siapkan Wifi

Wifi atau paket data sangat penting saat berada di Korea, tanpa ada paket data bagaimana kamu bisa Googling aneka hal tentang negara ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com