Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Wisata Pemandian Air Panas di Garut, Sudah Pernah Coba?

Kompas.com - 17/10/2018, 22:09 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Liburan ke Garut, Jawa Barat, salah satu aktivitas yang tak boleh terlewatkan adalah datang ke pemandian air panas.

Di Garut sendiri terdapat beberapa tempat wisata pemandian air panas, mulai dari yang letaknya di Kota Garut hingga berada di kaki gunung.

Berikut ini rekomendasi tempat berendam air panas di Garut yang dihimpun KompasTravel.

1. Kawasan Kawah Papandayan

Ke Kawasan Gunung Papandayan kini tak hanya untuk mendaki gunung. Saat ini wisatawan yang datang bisa menikmati pemandian air panas di sana. 

Air untuk kolam renang ini, lanjut Tri, bersumber langsung dari Kawah Papandayan dengan panas yang alami antara 30 derajat Celcius lebih. 

Tak lupa abadikan momen seru Anda bersama keluarga berlatarkan Gunung Papandayan yang begitu indah. 

2. Kawah Talaga Bodas

Wisata pemandian air panas di Kawah Talaga Bodas, Garut, Jawa Barat. KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Wisata pemandian air panas di Kawah Talaga Bodas, Garut, Jawa Barat.
Lokasi pemandian air panas satu ini belum banyak diketahui wisatawan. Anda bisa langsung datang ke Kawah Talaga Bodas, dari pusat Kota Garut waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. 

Sesampainya di sana, Anda bisa berjalan kaki mengikuti jalur yang ada hingga ujung. Nanti di sana akan ada beberapa kolam berisi air panas dengan kedalaman yang berbeda-beda. 

Lokasi ini bisa juga dijadikan spot instagramable seperti menyatu dengan kawah. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena lokasinya sangat dekat dengan kawah.

3. Cipanas

Warga berwisata di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Kabupaten Garut, Minggu (26/2/2012). Sumber air panas dari Gunung Guntur dimanfaatkan menjadi sarana wisata berendam di kolam air panas. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Warga berwisata di Taman Air Sabda Alam, Cipanas, Kabupaten Garut, Minggu (26/2/2012). Sumber air panas dari Gunung Guntur dimanfaatkan menjadi sarana wisata berendam di kolam air panas.
Rasanya kawasan Cipanas sudah tak asing lagi didengar oleh para wisatawan yang datang ke Garut.

Tentunya lokasi kawasan Cipanas ini cukup dekat dengan wilayah Kota Garut. Di sana Anda bisa memilih tempat pemandian air panasi yang diinginkan.

Banyak hotel atau resort yang menawarkan pemandian air panas dengan ragam permainan anak-anak.

Bahkan beberapa tempat menawarkan beberapa kolam air panas dengan suhu yang berbeda-beda.

Rata-rata pemandian air panas di Cipanas, Garut buka sejak sekitar pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB.

4. Darajat

Darajat Pass, salah satu tempat wisata pemandian air panas di Garut, Jawa Barat. DOK. Darajat Pass Darajat Pass, salah satu tempat wisata pemandian air panas di Garut, Jawa Barat.
Setelah Cipanas, kawasan yang begitu terkenal adalah kawasan Darajat. Di sana Anda juga bisa menemukan wisata pemandian air panas.

Berbeda dengan Cipanas, pemandian air panas di Darajat terletak di dataran tinggi dengan udara yang lebih dingin juga angin lebih kencang.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan gunung sambil berendam air panas. Ada beberapa pilihan tempat di sana, rata-rata semua memiliki kolam renang, permainan, tempat makan, hingga kamar hotel.

Pemandian air panas di Darajat buka 24 jam dengan harga tiket masuk mulai dari Rp 25.000. Sementara waktu tempuh dari Alun-alun Kota Garut sekitar 60 menit dengan jarak sekitar 20 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com