Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Festival untuk Nikmati Liburan di Akhir Bulan Oktober

Kompas.com - 19/10/2018, 19:09 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berlibur ke suatu tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terkasih.

Berlibur, tidak hanya sekedar jalan-jalan atau mengunjung destinasi wisata menarik dan instagramable. Anda juga bisa liburan sambil menikmati festival atau kegiatan yang sedang digelar di daerah tersebut.

Melalui festival, Anda bisa mengenal daerah tersebut, mulai dari sejarah, kuliner, kebiasaan hingga budaya.

Liburan tidak hanya bisa dinikmati dengan foto-foto saja tapi juga belajar keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia melalui festival-festival yang digelar di setiap daerah.

Berikut KompasTravel rangkum festival yang bisa dikunjungi di akhir bulan Oktober 2018.

1. Festival Pesona Raja Ampat, Papua Barat

Diselenggarakan di Waisai Torang Cinta (WTC), festival ini berlangsung pada 18 hingga 21 Oktober 2018. Festival ini mengkolaborasi antara pesona maritim dan keragaman budaya Raja Ampat. 

Dalam festival ini, Anda dapat turut bergabung dan berinteraksi langsung dengan warga lokal untuk menikmati keseruan berbagai atraksi dan perlombaan, pentas seni, pameran, serta hiburan rakyat.

2. Festival Gandrung Sewu

Festival yang berlangsung sejak 2012 ini pernah memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai acara dengan jumlah penari terbanyak, yakni 1.047 penari.

Tari Gandrung merupakan tarian asli yang lahir dan berkembang di Banyuwangi. Melibatkan lebih dari seribu penari Gandrung  dengan iringan musik tradisional, para penari akan menari di bibir Pantai Boom dengan latar belakang laut Selat Bali. Festival Gandrung Sewu (FGS) 2018 akan diselenggarakan pada 20 Oktober 2018 di Pantai Boom, Banyuwangi.  

 3. Pasar Seni Lukis Indonesia 2018

Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2018, yang memasuki tahun penyelenggaraan ke-11, akan berlangsung pada 12-21 Oktober 2018 di JX International Surabaya. Ini menjadi perhelatan seni lukis terbesar di Indonesia, dimana akan ada pameran lukisan dan juga sebagai ajang pertemuan para pelukis.

PSLI tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 200 pelukis dengan ratusan hingga ribuan karya yang siap dijual.Selain pameran lukisan, gelaran selama 10 hari itu bakal semakin meriah dengan hadirnya pementasan teater, pergelaran musik dan tari kontemporer.

Salah satu fragmen yang menunjukkan kegigihan rakyat Blambangan di Festival Gandrung Sewu 2017KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Salah satu fragmen yang menunjukkan kegigihan rakyat Blambangan di Festival Gandrung Sewu 2017
4. Sawahlunto International Music Festival 2018

Sawahlunto International Music Festival (SIMFest) merupakan acara tahunan yang digelar sejak 2010. SIMFest tahun ini akan berlangsung sejak 19 hingga 21 Oktober 2018 di Sawahlunto yang berjarak kurang lebih 90 km dari Padang, Sumatera Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com