Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

William Wongso: "Rendang Kalong Paling Enak..."

Kompas.com - 20/10/2018, 17:16 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar kuliner William Wongso gemar menyajikan rendang saat memasak di acara kuliner internasional. Untuk itu William sering disebut sebagai 'diplomat rendang'.

Sebagai orang yang gemar menyajikan rendang, menurut William, ada daging yang paling lezat diolah menjadi rendang, yakni daging kalong.

"Saya sudah masak rendang dengan macam-macam daging tetapi yang paling enak itu rendang kalong," katanya di sela acara Peluncuran Visa Epic Experiences, Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (18/10/2018).

Baca juga: 3 Kota Rekomendasi William Wongso untuk Wisata Kuliner

Menurut William, daging kalong nikmat dimasak rendang bukan tanpa sebab. Kalong adalah hewan pemakan buah-buahan berkualitas baik. Kemudian kalong juga termasuk hewan yang bersih karena tidak pernah menyentuh tanah.

Alhasil daging kalong memiliki cita rasa manis dan lezat untuk disantap dengan olahan bumbu rendang.

Baca juga: William Wongso: Sate, Pecel, Lawar Bali Layak Go International

Untuk mengolah daging kalong sendiri, lanjut William, ada triknya. Harus kalong jantan, karena kalong betina umumnya mengandung anak atau memiliki embrio. Kemudian bagian yang disantap hanya bagian tubuh. Bagian sayap kalong tidak ikut dimasak.

Selain kalong, William juga pernah memasak rendang dari daging binatang yang tidak lazim yakni unta. Harapannya dia ingin memasak rendang dari daging gajah dan kuda nil.

"Waktu di Namibia saya ditawarkan, tetapi tidak keburu sudah harus pulang. Next kalau ke sana saya mau masak itu," kata William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com