Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Teh Selalu Muncul saat Makan di Warteg?

Kompas.com - 26/10/2018, 11:04 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika makan di warteg, teh menjadi salah satu minuman yang ditawarkan ketika memesan makanan. Bahkan beberapa warteg menggratiskan teh untuk pembeli.

Minuman teh sendiri di warteg selalu disajikan. Ada varian teh mulai dari es teh tawar, teh tawar hangat, es teh manis, teh manis hangat dan jenis teh lainnya.

Hal ini bukan suatu kebetulan. Teh menjadi minuman yang tak pernah absen dari warteg. Hal itu karena di Jawa Tengah sendiri, ada daerah Slawi yang menjadi salah satu produsen teh terbesar di Indonesia.

Ten Ren’s Tea, cocok disajikan dengan kue bulan, ada di Pearl Chinese Restaurant di JW Marriot Hotel Jakarta, Kamis (30/8/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Ten Ren’s Tea, cocok disajikan dengan kue bulan, ada di Pearl Chinese Restaurant di JW Marriot Hotel Jakarta, Kamis (30/8/2018).
Hal ini juga dibenarkan oleh Fadly Rahman, Sejarawan Makanan. Ia mengatakan jika sebenarnya yang khas ketika makan di warteg adalah makan dengan ditemani teh manis panas.

“Sebenarnya yang jadi khas ketika makan di warteg itu, ditemani minuman teh. Teh yang paling khas itu nasgitel (panas, legit, dan kental). Teh ini dicampur dengan gula, dan nikmati jika dikonsumsi dalam keadaan panas. Khasnya teh di warteg dulunya disimpan dalam kendi,” kata Fadly ketika dihubungi KompasTravel, Rabu (24/10/2018).

“Minuman teh yang dipilih karena di Jawa Tengah sendiri menjadi salah satu produsen teh terbesar yaitu Slawi,” tambah Fadly.

Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Indahnya lanskap di kawasan perkebunan teh Pagilaran. Kabupaten Batang, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).
Sejarawan JJ Rizal mengatakan jika Tegal, khususnya di daerah Jawa Tengah adalah penghasil teh yang cukup besar dan dikenal yaitu produsen teh Slawi.

“Kalau ke Tegal, pasti kita temui minuman teh soalnya khas sana. Ada produsen teh yang cukup terkenal di sana yah, yaitu Selawi.  Bahkan teh poci sendiri itu budaya dari Tegal, jadi ini kenapa di warteg disajikan aneka jenis teh,” kata Rizal ketika dihubungi KompasTravel, Kamis (25/10/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com