Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fitur Baru Grab yang Memudahkan Wisatawan

Kompas.com - 26/10/2018, 20:47 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Grab dan Kementerian Pariwisata melakukan kampanye smart tourism #JelajahIndonesiaLebihDekat dengan memberikan berbagai layanan bagi wisatawan di Indonesia. Salah satunya melalui fasilitas di platform Grab.

Ridzki Kradibrata, Managing Director Grab Indonesia menerangkan hal tersebut saat peluncuran kerjasama di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (26/10/2018).

Menurutnya berbagai layanan di Grab kini disinergikan dengan keperluan wisatawan. Seperti Grab Express untuk pembelian oleh-oleh, Grab Reward untuk menginap di hotel, rental mobil, hingga Grab Bajaj untuk merasakan keotentikan transportasi di Indonesia.

"Servis layanan yang baru, yaitu sewa Grabcar, yang bisa sangat fleksibel jamnya. Ini merupakan elemen yang sangat penting bagi wisatawan, karena di dalamnya terdapat kepastian seperti harga, waktu, dan aplikasinya terutama," tutur Ridzki.

Berikut ragam kemudahan lainnya yang bisa dimanfaatkan wisatawan:

1. Sewa mobil

Layanan penyewaan mobil ini merupakan yang terbaru, bernama sewa GrabCar. Layanan ini dapat dinikmati wisatawan jika mereka ingin menyewa mobil selama beberapa jam, sehingga mereka dapat dengan mudah berwisata menuju dan dari berbagai atraksi wisata.

Layanan Sewa GrabCar saat ini tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya, Manado dan Makassar.

Layanan ini juga dapat dipesan langsung di beberapa bandara secara legal. Antara lain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Internasional Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Saat peluncurannya, Ridzki mengatakan mitra driver-nya akan mendapatkan pelatihan tentang cara menjadi pemandu wisata dan juga akan menerima sertifikasi ‘Wonderful Indonesia’ dari Kementerian Pariwisata setelah mengikuti pelatihan khusus.

2. Chat dengan berbagai bahasa

Kesulitan komunikasi antara wisatawan mancanegara yang datang dengan penyedia jasa transportasi seperti supir mobil atau ojek akan diantisipasi dengan fitur GrabChat.

Fitur ini merupakan layanan pesan yang akan membantu mengurangi kendala berbahasa, dengan langsung menerjemahkan pesan ke berbagai bahasa yang kerap digunakan di Asia Tenggara, antara pengguna dan mitra pengemudi Grab.

3. Layanan informasi wisata

Pengguna platform ini dapat menikmati berbagai rekomendasi, selain lewat pengemudi mobil yang sudah disertifikasi 'Wonderful Indonesia', juga lewat aplikasi mobilenya.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com