Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Pengeluaran Rata-rata Orang Jakarta Makan di Warteg?

Kompas.com - 05/11/2018, 13:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warteg jadi salah satu tempat makan murah meriah yang tetap nikmat di tengah Ibu Kota, Jakarta.

Stigma warteg yang melulu kumuh, remang, dan hanya untuk pekerja kasar pun sirna, seiring banyaknya warteg yang mengutamakan kehigienisan di Jakarta.

Suyudi, pemiliki ratusan cabang Warteg Kharisma Bahari mengatakan, kini mulai kalangan bawah, hingga perkantoran, bahkan pengguna mobil mewah tidak sungkan makan di warteg miliknya.

Baca juga: Ini 5 Warteg 24 Jam di Jakarta

Namun, berapakah rata-rata kocek yang dihabiskan orang Jakarta dengan ragam kelas ekonomi di warteg?

Sayudi sedang menyajikan makanan untuk pembeli di Warteg Kharisma Bahari di jalan Haji Batong Raya, kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).KOMPAS.com / MUHAMMAD IRZAL ADIKURNIA Sayudi sedang menyajikan makanan untuk pembeli di Warteg Kharisma Bahari di jalan Haji Batong Raya, kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).
"Orang Jakarta itu biasanya ngabisin Rp 15.000 makan di warteg, rata-rata," tutur Suyudi yang memiliki 196 lebih cabang warteg kepada KompasTravel, saat berkunjung ke salah satu wartegnya, di Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).

Menurutnya harga tersebut banyak didapat dari cabang-cabang yang dekat jalan perkantoran, dan daerah hunian.

Baca juga: Ini Alasan Orang Suka Makan di Warteg

Dengan uang Rp 15.000 pembeli sudah bisa mendapatkan satu porsi nasi, sayur, oseng-oseng seperti orek tempe, dan satu lauk seperti ikan, ayam dan sebagainya.

"Mindset orang nyiapin uang Rp 15.000 kalau ke warteg, nasi Rp 4.000 tempe orek Rp 2.000, telur Rp 4.000, osengan Rp 2.000, lauk Rp 3.000," katanya menjabarkan.

Semakin banyak pilihan masakan akan semakin membius pengunjung untuk mencicip aneka masakan yang terhidang. Di warteg miliknya, tambah Yudi, minimal masakan yang tersaji ada 40 jenis, termasuk sayur, lauk, oseng-oseng, sampai kripik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com