Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masuk dalam 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019 Versi Lonely Planet

Kompas.com - 06/11/2018, 18:00 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Top 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Tahun 2019 dari Lonely Planet.

Penghargaan tersebut pun telah diterima oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dari Director Client Solution Lonely Planet, Ali Teeman di booth Wonderful Indonesia saat World Travel Market (WTM) 2018 London, Selasa (6/11/2018).

“Saat ini saya sedang berada di pameran pariwisata terbesar di dunia, WTM London. Baru saja Indonesia menerima penghargaan sangat bergengsi. Sebagai Top 10 negara yang direkomendasikan untuk dikunjungi tahun 2019 oleh Lonely Planet. Indonesia ada di peringkat ke-7,” kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Selasa.

Penghargaan ini, kata Arief menjadi pengakuan pula atas melesatnya pariwisata Indonesia.

“Jelas menjadi kebangaan bagi Indonesia. Karena masuk dalam jajaran terbaik di dunia untuk di kunjungi. Dampaknya bisa sangat baik untuk pariwisata Indonesia,” kata dia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima penghargaan Indonesia sebagai Top 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Tahun 2019 dari Lonely Planet, di booth Wonderful Indonesia saat World Travel Market (WTM) 2018 London, Selasa (6/11/2018).DOK. Kemenpar Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima penghargaan Indonesia sebagai Top 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Tahun 2019 dari Lonely Planet, di booth Wonderful Indonesia saat World Travel Market (WTM) 2018 London, Selasa (6/11/2018).

Lonely Planet sendiri merupakan panduan perjalanan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu negara.

Daftar 10 negara terbaik untuk dikunjungi tahun 2019 yang direkomendasikan Lonely Planet ini diterbitkan dalam buku Best In Travel 2019. Cover buku Best in Travel 2019 tersebut adalah Pura Ulun Danu di Bali.

Beragam alasan para ahli memilih Indonesia untuk masuk dalam 10 negara yang harus dikunjungi. Mulai dari memiliki kekayaan alam, ragam budaya, hingga kulinernya.

Selain itu, pada kebijakan Pemerintah Indonesia memberikan akses Bebas Visa Kunjungan (BVK) untuk 169 negara di dunia, juga dipuji.

Dari kesepuluh negara, Sri Lanka menempati peringkat pertama, kedua Jerman, ketiga Zimbabwe.

Peringkat 4, 5, 6, berturut-turut diduduki oleh Panama, Kyrgyzstan, dan Yordania.

Indonesia sendiri berada di peringkat ketujuh. Peringkat 8, 9, dan 10 diduduki oleh Belarusia, Sao Tome and Principe, dan Belize.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com