Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Harga dan Jadwal Penyeberangan Kapal ke Nusa Penida Bali

Kompas.com - 12/11/2018, 16:10 WIB
Sherly Puspita,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau Nusa Penida menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi saat anda berlibur di Bali. Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung.

Untuk menuju Pulau Nusa Penida, Anda harus menyeberang dari Pelabuhan Sanur dengan menggunakan fast boat.

Lalu berapa biayanya?

Ada puluhan agen fast boat yang ada di Pelabuhan Sanur. Namun harganya rata-rata sekitar Rp 75.000 untuk sekali perjalanan.

Wisata alam Raja Lima atau Rumah Pohon Molenteng yang terletak di Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Wisata alam Raja Lima atau Rumah Pohon Molenteng yang terletak di Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).

Sebaiknya Anda memesan tiket fast boat sekitar 1-2 hari sebelum keberangkatan. Pasalnya, minat wisatawan menuju Nusa Penida relatif tinggi sehingga bisa kehabisan tiket.

"Sebetulnya memungkinkan juga untuk beli tiket on the spot. Namun jika kursi penumpang memang masih ada. Tapi sebaiknya pesan jauh-jauh hari untuk memastikan kita tidak kehabisan tiket," ujar Putu Reza, pemandu wisata program Media Trip Pegipegi bertajuk "Jelajahi Indonesiamu", Minggu (11/11/2018).

Anda juga perlu memperhatikan jam keberangkatan kapal. Keberangkatan fast boat dari Pelabuhan Sanur rata-rata ada di jam 08.15, 10.45, dan 15.00 WITA. Keberangkatan fast boat dari Pelabuhan Banjar Nyuh ada di jam 09.15, 14.15,17.00 WITA.

"Ini rata-rata jam keberangkatan. Setiap agen memiliki jam keberangkatannya masing-masing," lanjut Putu.

Pantai Diamond yang terletak di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Pantai Diamond yang terletak di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).

Lama perjalanan menuju Pelabuhan Banjar Nyuh, Pulau Nusa Penida sekitar 30 menit saja. Selanjutnya anda dapat berkeliling Pulau Nusa Penida menggunakan motor atau mobil sewaan.

Untuk motor tarifnya sekitar Rp 75.000 per orang. Tarif sewa mobil sekitar Rp 500.000. Biasanya biaya ini sudah termasuk biaya bahan bakar kendaraan.

"Tips dari saya selalu perhatikan waktu agar tidak terlambat jan keberangkatan fast boat. Jika terlambat, terpaksa Anda harus menginap di pulau," kata Putu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com