Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Payangan, Pesona Bagai Khayangan di Jember Selatan

Kompas.com - 15/11/2018, 21:12 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Kabupaten Jember di Provinsi Jawa Timur memiliki pesona keindahan alamnya, terutama wisata pantai. Salah satu pantai Jember yang memiliki panorama memesona bagai khayangan adalah di Payangan.

Pantai Payangan terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu. Jarak pantai ini dari Kota Jember adalah sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam perjalanan.

Rute tercepat menuju Pantai Payangan dari Jember yang pertama adalah melalui Jalan Nasional III Jember-Lumajang. Setelah sampai perempatan Pasar Mangli, perjalanan berlanjut ke arah selatan memasuki Jalan Otto Iskandar Dinata.

Dari perempatan Pasar Mangli, terus mengikuti jalan utama ke arah selatan sejauh sekitar 30 kilometer. Nantinya akan dijumpai plang petunjuk jalan untuk sampai Pantai Payangan sehingga cukup ikuti jalan yang ditunjukkan oleh plang itu.

Pesona Payangan bagai Khayangan

Area Pantai Payangan ini begitu luas. Terdapat tiga bagian pantai yang bisa dikunjungi. Bagian pertama adalah kawasan pantai nelayan yang menghadap ke arah barat daya. Bagian selanjutnya berupa pantai dengan batu karang yang dipisahkan oleh sebuah bukit.

Bagian terluas ada di sisi utara pantai dengan batu karang yang kembali dipisahkan oleh bukit kecil. Pantai ini memanjang ke arah utara kemudian berbelok ke arah barat. Jika berjalan menyusurinya, maka nantinya akan sampai di Pantai Watu Ulo.

Salah satu Bagian Pantai Payangan memiliki garis pantai panjang yang melengkung ke arah barat.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu Bagian Pantai Payangan memiliki garis pantai panjang yang melengkung ke arah barat.

Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam. Namun hal itu tidaklah mengurangi indahnya panorama Pantai Payangan. Kombinasi warna pasir hitam dengan birunya laut dan langit tampak begitu serasi.

Perpaduan warna semakin serasi dengan hijaunya rumput bukit di pinggir pantai dan awan putih yang melayang di angkasa. Tak ketinggalan, buih ombak berwarna putih semakin menghiasi pandangan ke ujung pantai yang melengkung dengan latar belakang perbukitan.

Bukit Samboja

Kecantikan Pantai Payangan tidak hanya bisa didapatkan di atas pasirnya. Pengunjung juga bisa mendaki ke atas bukit di sekitar pantai. Salah satu yang bisa dikunjungi yakni Samboja.

Bukit Samboja ada di sebelah barat daya yang membatasi pantai nelayan dengan pantai dengan batu karang. Rute menuju puncak ini juga sudah bagus, berupa deretan anak tangga sehingga mudah untuk dilalui.

Kondisi Bukit Samboja juga sudah ditata dengan baik. Bunga yang berwarna-warni telah menghiasi sisi kanan dan kiri jalan setapak. Selain itu, telah tersedia pula banyak gazebo untuk duduk dan beristirahat.

Dari Bukit Samboja, panorama kawasan pantai nelayan terlihat sangat memesona.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Dari Bukit Samboja, panorama kawasan pantai nelayan terlihat sangat memesona.

Bukit Samboja juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable. Salah satu spot foto memiliki latar belakang pantai nelayan dari ketinggian. Pemandangan kapal nelayan yang melayang di atas birunya air laut tampak begitu menawan.

Ketika mencapai puncak bukit, pemandangan terbuka akan tersaji di depan mata. Dimulai dari arah timur, garis Pantai Roro Ayu sampai Pantai Canga’an yang panjang melengkung tampak bagai bulan sabit raksasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com