Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Berjalan Tanpa Pengemudi, Kapan Bisa Terealisasi?

Kompas.com - 22/11/2018, 13:36 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

JAKARTA, KOMPAS.com - Nomadic tourism semakin populer di kalangan para pejalan. Dengan membawa kendaraan yang memiliki fasilitas layaknya penginapan, perjalanan menjadi lebih ringkas.

Campervan sampai saat ini masih menjadi alternatif utama dari nomadic tourism, tetapi akan ada pilihan baru yakni Autonomous Travel Suite.

Kendaraan yang dirancang oleh Steve Lee, Aprili Design Studio asal Toronto, Kanada ini adalah kamar hotel berjalan otomatis alias tanpa pengemudi.

"Sebagai seorang arsitek, saya melihat mengendarai kendaraan sendiri seperti halnya kamar berjalan," jelas Lee dikutip dari CNN Travel.

Untuk itu Lee merancang kendaraan bergaya futuristik yang berisikan fasilitas kamar hotel. Seperti kasur spring bed, tempat kerja, dapur kecil, toilet dan pancuran mandi, serta zona hiburan untuk menonton atau bermain.

Mobil ini dilapisi jendela kaca panorama pintar, yang dapat berubah sesuai kebutuhan para penumpang.

Lee merancang mobil ini dengan konsep hybrid (berbahan bakar listrik dan campuran) yang dapat beroperasi antara enam sampai sepuluh jam.

Autonomous Travel SuiteDok. CNN Travel Autonomous Travel Suite

Tidak hanya satu ukuran, rencananya mobil ini juga akan dirancang sesuai kebutuhan jumlah wisatawan. Seperti untuk pejalan tunggal, pasangan, atau keluarga. Mobil ini juga dirancang untuk memiliki fasilitas layaknya hotel pada umumnya seperti kafe dan kolam renang. Keunggulan launnya adalah rute perjalanan dapat dikendalikan lewat aplikasi.

"Jadi wisatawan dapat memilih titik mulai dan berakhir perjalanan mereka. Bisa juga memilih titik henti seperti di pusat kebugaran aau restoran. Sistem mobil akan memilih rute terbaik," kata Lee.

Atas rancangan Autonomous Travel Suite, Lee diganjar penghargaan utama dari Radical Innovation Award 2018, kompetisi desain untuk industri perhotelan.

Meskipun dirancang dengan sangat baik, Autonomous Travel Suite belum tahu kapan dapat direalisasikan menjadi kenyataan. Sebab meskipun industri kendaraan di Amerika Serikat sudah mampu membuat kendaraan tanpa awak pada 2021, masih perlu perbaikan dan penambahan infrastruktur jalan untuk mendukung sistem kendaran autonomous.

Setidaknya untuk sepuluh tahun ke depan, kendaraan autonomous masih belum bisa beroperasional di jalanan umum.

Lee sendiri mengatakan dengan kehadiran mobil berjalan ini, dapat menghemat waktu tunggu di bandara dan membawa bagasi jauh lebih banyak daripada menumpang pesawat domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com