Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kedai Kopi Milik Penyeduh Kopi Terbaik Dunia

Kompas.com - 22/11/2018, 17:15 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyeduh kopi terbaik dunia Emi Fukahori membuka kedai di Zurich, Swiss. Emi adalah penyeduh kopi yang menjawarai World Brewer's Cup 2018 yang diselenggarakan di Brasil baru-baru ini.

"Sungguh sulit bisa menang di kompetisi tingkat tinggi. Saya beruntung," kata Emi seperti dilansir dari Lonely Planet.

Fukahori mengakui dirinya terbilang baru berkecimpung di dunia kopi. Sebelum menjadi penyeduh kopi profesional, ia bekerja di bidang perhotelan.

Beberapa tahun sebelum memenangkan penyeduh kopi terbaik dunia, Fukahori dikenalkan kopi oleh temannya Nina Rimpi, yang tak lain adalah barista terbaik dunia asal Swiss.

Rimpi membuatkan kopi untuk Fukahori, dan itulah awal dari semuanya.

Kopi buatan Emi Fukahori, penyeduh kopi terbaik dunia 2018. Dok. Lonely Planet Kopi buatan Emi Fukahori, penyeduh kopi terbaik dunia 2018.

"Saya merinding. Rasa kopi itu tidak seperti kopi yang saya tahu. Rasanya seperti stroberi. Sama seperti yang dideksirpsikan olehnya (Rimpi)," Jelas Fukahori.

Fukahori lantas belajar seluk-beluk kopi dan pada 2015 ia menjawarai kompetisi barista Swiss, dan tahun ini menjadi penyeduh kopi terbaik dunia. Hingga akhirnya Fukahori sekarang membuka kedai kopi dengan nama Mame di Zurich, Swiss.

Di Mame pengujung tidak hanya disajikan varian kopi berbahan dasar espresso, tetapi juga kopi filter dengan biji spesialisasi.

"Saya tahu saya harus menyampaikan apa yang orang inginkan dari penyeduh kopi terbaik dunia. Tentunya untuk bisnis saya dan untuk barista lainnya dan saya senang melakukan ini," jelas Fukahori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com