Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemas, 2 Kucing yang Terus Menerobos Masuk Museum di Jepang

Kompas.com - 22/11/2018, 20:20 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak 2016, dua ekor kucing di Jepang selalu berusaha masuk ke dalam Onomichi City Museum of Art di Hiroshima, Jepang. Usaha dua ekor kucing ini untuk masuk ke mueseum sampai viral di media lokal dan internasional.

Dua ekor kucing ini juga diberi nama, yakni kucing oranye bernama Gosaku dan kucing hitam bernama Ken-Chan.

"Saya pikir, Ken-Chan melihat beberapa gambar kucing di pameran tahun 2016 lewat jendela. Termasuk gambar kucing berwarna hitam. Jadi dia pikir ada temannya di dalam museum. Sejak saat itu mereka datang terus," kata kurator museum Shinji Umebayashi.

Versi lain menyebutkan jika dua ekor kucing ini ingin masuk museum karena pendingin ruangan yang sejuk dan membuat kucing tertarik.

Selama dua tahun terus berusaha menerobos museum, usaha Gosaku dan Ken-Chan sia-sia. Sebab sebelum masuk museum, mereka selalu dihadang oleh petugas museum.

Biasanya dihadang dengan cara dielus, dikelitik bagian telinga, atau digendong agar ditaruh di luar museum.

Uniknya kini dua ekor kucing ini menjadi ikon dari museum sekaligus atraksi bagi para wisatawan. Pihak Onomichi City Museum of Art sering memberi informasi terbaru mengenai dua ekor kucing lewat media sosial, baik foto atau video.

Suvenir bertema kucing juga dijual oleh pihak museum, yang menyerupai Gosaku dan Ken-Vhan si kucing oranye dan hitam. Saking terkenalnya kucing-kucing ini sampai memiliki basis penggemar sendiri di media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com