Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Berwisata di 3 Gili Lombok sebelum dan sesudah Gempa

Kompas.com - 25/11/2018, 16:12 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

GILI AIR, KOMPAS.com - Ada perbedaan jika berkunjung ke tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno), Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pascagempa?

Saat ini infrastruktur dan transportasi di tiga Gili sudah beroperasi normal, tetapi ada berbagai perubahan yang terasa oleh wisatawan.

Seperti yang KompasTravel himpun dari kunjungan Exploring Paradise Islands dari Dafam Hotel Mangement dan Himpunan Anak Media, di Gili Air, Jumat (23/11/2018).

1. Promo Akomodasi

Resor, hotel, dan private villa di Gili Air memberi harga promo dari 30 sampai lebih dari 50 persen.

Wisatawan mancanegara di Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Jumat (23/11/2018).KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Wisatawan mancanegara di Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Jumat (23/11/2018).
Alhasil meski kunjungan wisatawan belum kembali normal, tetapi banyak wisatawan yang menambah lama menginap saat berwisata di Gili Air.

2. Bibir Pantai yang Bersih

Pascagempa, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara membersihkan dan merelokasi seluruh bangunan di bibir pantai di tiga gili. Hal ini untuk memaksimalkan ruang publik dan estetika pulau.

3. Kondisi yang Sepi

Asisten II Bupati Lombok Utara, Hermanto mengatakan sebelum gempa ada sekitar 2.500 wisatawan yang masuk ke tiga Gili setiap hari.

Penyewaan sepeda untuk wisatawan di Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Jumat (23/11/2018).KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Penyewaan sepeda untuk wisatawan di Gili Air, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Jumat (23/11/2018).
Sampai saat ini Lombok Utara masih mengejar jumlah kunjungan wisatawan untuk kembali normal.

Di Gili Air kondisi terpantau sepi, dengan okupansi hotel masih 20-25 persen. Ada hotel atau vila yang berhenti beroperasi pascagempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com