Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Pariwisata Massal, Papan 'I amsterdam' Dicopot

Kompas.com - 07/12/2018, 19:04 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Ketika berbagai daerah membangun bangunan atau papan ikonik untuk pariwisata, Amsterdam, Belanda justru sebaliknya. Papan besar huruf 'I amsterdam' di depan Rijksmuseum dicopot, Minggu (3/12/2018). 

Papan huruf tersebut sudah berada di lokasi yang sama sejak 14 tahun lalu dan menjadi penanda ikonik Kota Amsterdam. Banyak turis yang sengaja datang untuk berfoto depan papan tersebut.

Berdasarkan situs I amsterdam, papan huruf dicopot atas permintaan dari masyarakat Amsterdam sendiri. Papan tersebut dianggap mengundang terlalu banyak orang ke lokasi yang sebenarnya sempit.

Di DutchNews.nl lebih lanjut jika keputusan mencopot papan tersebut berasal dari partai GroenLinks, yang menempati banyak kursi pada dewan rakyat.

Papan I amsterdam di depan Rijksmuseum, Amsterdam, Belanda dicopot. Dok. Lonely Planet Papan I amsterdam di depan Rijksmuseum, Amsterdam, Belanda dicopot.
Dewan rakyat menyebut jika papan huruf I amsterdam telah menjadi simbol pariwisata massal, dan tidak sesuai dengan semangat komunitas untuk solidaritas atas individualisme.

Amsterdam nyatanya adalah kota yang bergulat dengan popularitasnya sendiri di kalangan wisatawan.

Alih alih pariwisata massal, kota ini mencoba menciptakan pariwisata berkelanjutan dengan cara meningkatkan pajak turis dan aturan baru untuk penyewaan Airbnb.

Jika ke Amsterdam dan tetap ingin berfoto di papan huruf ikonik tersebut, wisatawan dapat berpose di Bandara Schipol, Danau Sloterplas, dan acara-acara tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com